PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN GOOGLE CLASROOM DAN ZOOM MEETING DI MASA PANDEMI

Agustina Retno Palupi


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.2222

Abstract


Tujuan penelitian adalah Ingin mengetahui apakah (1) terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Google Clasroom dan Zoom Meeting pada kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo, ( 2 ) Ingin mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Google Clasroom dan Zoom Meeting pada kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 dan siswa kelas XI TKR 2, dengan menggunakan kelas uji coba yaitu kelas XI TKJ. Teknik analisis data yaitu (1) Analisis Statistik Deskriptif dan (2) Analisis Statistik Inferensial.Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Google Clasroom dan Zoom Meeting pada kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo, ( 2 ) Perbandingan dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Google Clasroom dan Zoom Meeting adalah bahwa pembelajaran menggunakan Zoom Meeting lebih baik dari pada menggunakan Google Clasroom dilihat dari segi hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo.


Article Metrics :

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Biantoro . 2014. Peduli Pendidikan, Google Classroom Buat Ruang Kelas Di Dunia Maya. Merdeka.com. 2014.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Gratika Rahmasari, Rita Rismiati, 2013, E-Learning Pembelajaran Jarak Jauh,

Yrama Widya, Bandung

Rifai, A dan Anni, C.T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.

Rochman. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kuirikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahmasari, Gratika.2019.E-Learning Pembelajaran Jarak Jauh di SMA.

Bandung: Yrma Widya.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Sugiyono.2014.Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta.

.2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:

Alfabeta.

Suprijono, Agus.2012.Cooperativ Learning.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Tabany, Ibnu Badar.2014.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,Dan Kontekstual.Jakarta:Prenada media Group.

Wulandari, Ayu.2016. Penggunaan Jargon Oleh Komunitas Chatting Whatsapp

Grup. Jurnal Transformatika, 12(2).

Yustanti, Ike.2019. Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital

0.Palembang:Universitas PGRI Palembang