Pengarauh Metode Drill Terhadap Kemampuan Menghafal Pembukaan UUD 1945 Siswa MTs Al Hikmah 2 Benda Sirampog
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh positif metode drill terhadap kemampuan menghafal siswa dalam pembukaan UUD 1945. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) yaitu jenis penelitian yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX A MTs Al Hikmah 2 Benda Sirampog. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Hikmah 2 Benda Sirampog tahun ajaran 2018/2019. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R Square = 0,724 = 72,4% yang berarti 72,4% kemampuan menghafal dipengaruhi oleh aktivitas siswa dan sisanya 27,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh aktivitas siwa terhadap kemampuan menghafal yang ditunjukkan pada persamaan regresi. Bentuk persamaan regresinya yaitu artinya setiap penambahan variabel aktivitas siswa sebesar satu satuan maka akan menambah nilai kemampuan menghafal sebesar 1,038. Beradasarkan hal tersebut, maka disimpulkan yaitu terdapat pengaruh positif aktivitas siswa dalam pembelajaran metode drill terhadap kemampuaan menghafal pembukaan UUD 1945
Kata kunci: drill, menghafal, pembukaan UUD 1945