Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganergaaan dibuat untuk mengakomodasi hasil karya ilmiah berupa penelitian atau makalah yang dibuat dalam bentuk jurnal, khususnya bidang pendidikan kewarganegaraan dan keilmuan pancasila. RONTAL adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PGRI STKIP Tulungagung.

Ketentuan Umum Penulisan Pada Jurnal Rontal

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan dalam media lain dan tidak mengandung unsur plagiat dengan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis.
  2. Tulisan dapat berupa artikel hasil penelitian maupun konseptual (lepas) dan aplikasi teori, dan laporan kasus atau resensi buku. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sepanjang 15-25 halaman termasuk daftar pustaka dan tabel. Artikel diketik komputer di atas kertas A4 dengan margin kiri 3,5 cm, margin atas, bawah dan kanan 2 cm dengan menggunakan tipe huruf Segoe UI, ukuran font 11, dan spasi 1,15. Judul naskah berbahasa Indonesia terdiri maksimal 12 kata, sedangkan jika berbahasa Inggris terdiri maksimal 10 kata.
  3. Pada artikel dicantumkan nama penulis dan urutan nama penulis harus sudah disepakati semua penulis, umumnya berdasarkan besarnya kontribusi, dan semua penulis bertanggung jawab atas isi artikel. Nama Penulis ditebalkan dan dimiringkan menggunakan ukuran font 11 Segoe UI.
  4. Artikel harus disertai alamat penulis meliputi: Nama perguruan tinggi tempat studi dan lembaga asal penulis serta alamat email. Penulisan alamat untuk penulis artikel menggunakan font 11 Segoe UI, tetapi tidak ditebalkan dan tidak dimiringkan.
  5. Artikel harus disertai dengan abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jumlah kata minimum 150 kata maksimum 250 kata dalam format esai, ukuran huruf (font) 10 Segoe UI mengunakan spasi 1, dan artikel berbahasa Inggris tidak dimiringkan. Penulisan kata ABSTRAK untuk artikel berbahasa Indonesia dan ABSTRACT untuk artikel berbahasa Inggris menggunakan ukuran huruf (font) 11 Segoe UI di tebalkan.
  6. Pada artikel untuk Abstrak baik berbahasa Inggris maupun Indonesia harus disertai dengan Keywords menggunakan font 10 Segoe UI dengan spasi satu serta huruf ditebalkan dan dimiringkan (bold dan italic) masing-masing terdiri 3-5 kata.
  7. PENGANTAR atau INTRODUCTION ditulis huruf besar dan spasi 1,15 Segoe UI serta ditebalkan. Pengantar berisikan latar belakang masalah; hipotesis (bila ada); tujuan penelitian; Tinjauan Pustaka; Metode Penelitian, yang ditulis secara spesifik dan mendalam sesuai dengan arah dan tujuan penelitian. Pada umumnya ditulis hanya 5-7 paragraf atau 3 halaman 1,5 spasi; pengantar mengacu pada beberapa pustaka yang menjadi landasan atau alasan penelitian; pengantar juga memuat garis depan pengetahuan saat ini.
  8. PEMBAHASAN/DISCUSSION ditulis dengan huruf besar Segoe UI ukuran huruf (font) 11 dan ditebalkan. Pembahasan meliputi: sajian secara bersistem, hanya data/informasi yang terkait dengan tujuan penelitian; sederhanakan tabel dan menggunakan tabel terbuka, dan gambar peta lebih difokuskan pada objek yang diteliti serta jangan terlalu besar ukuran filenya serta rumit (diupayakan dalam format JPG); tabel dan gambar diberi nomor urut. Tujuan dari PEMBAHASAN/DISCUSSION ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hasil penelitian diberi makna oleh peneliti atau penulis, juga sejauh mana penulis memberikan batasan pada penemuannya. Contoh penulisan tabel (Tabel 5).
  9. SIMPULAN diketik dengan huruf besar Segoe UI ukuran font 11 dan ditebalkan. Pada Simpulan alangkah baiknya juga menyebutkan saran yang melebur dalam paragraf kalimat dan saran tidak berdiri sendiri.
  10. Sistem format penulisan daftar pustaka dan referensi untuk Jurnal Rontal menggunakan Gaya Penulisan American Psychological Association (APA).
  11. Sistematika penulisan: (a) judul, (b) identitas penulis, (c) email penulis, (d) abstrak/abstract, (e) kata kunci, (f) pendahuluan (tanpa judul dan subbab), (g) metode penelitian (h) temuan penelitian (i) pembahasan, (j) simpulan, (k) daftar pustaka/daftar rujukan.

Gaya penulisan Jurnal Rontal harus mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.

1. Articels Template

Rontal could be written in Indonesian and English, and can use multiple document formats.

2. Articels Review 

Each paper submissions will be reviewed by at least two people reviewer. 
The decision on acceptance or rejection of papers in the publication is determined by the reviewer.
If two or more reviewer stated refusal in the publication of this journal will be sent results of the review to the author of at least 3 months after delivery of the paper.

3. Articels Revised 

Manuscript returned to the author for revision must be returned immediately to the appropriate editor predetermined time. 
The manuscript is resubmitted exceeds a predetermined time revision will be considered as a new script.

 

Copyright Notice

Articles submitted in this journal will be a wholly-owned Rontal and own by the authors

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party and articles that have been submitted to this journal can not be withdrawn.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)

Article Publication: 0.00 (IDR)