Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Sejarah Menjelang Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Dengan Menggunakan Alat Bantu Gambar Pada Siswa Kelas V SDN Wedi Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

Liswarni Liswarni


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v4i2.1000

Abstract


Di dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri Wedi , Kecamatan Gedangan , Kabupaten Sidoarjo  masih banyak mengalami kesulitan dan hambatan. Dari uraian tersebut, yang menjadi fokus penelitian pembelajaran adalah pembelajaran dalam upaya membantu siswa agar mereka dapat dengan mudah menjelaskan sejarah menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Fokus penelitian pembelajaran dapat dirumuskan menjadi rumusan masalah sebagai berikut “bagaimana cara meningkatkan hasil belajar IPS materi sejarah menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggunakan alat bantu gambar pada siswa kelas V SDN Wedi , Kecamatan Gedangan , Kabupaten Sidoarjo?” Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kedua siklus dilaksanakan di kelas V SDN Wedi , Kecamatan Gedangan , Kabupaten Sidoarjo . Kegiatan penelitian pembelajaran dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi. Masing-masing tahap dijelaskan sebagai berikut. Hasil penelitian pada siklus I ditemukan 61% jumlah siswa sudah dapat menjelaskan sejarah menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada siklus II ditambah lagi selain cart juga gambar seri pahlawan. Ternyata hasilnya sangat memuaskan, ditemukan 84% dari jumlah siswa sudah dapat menjelaskannya

Full Text:

PDF

Article Metrics :