DAMPAK PEMBELAJARAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA: STUDI SLR

Kismiyanti Kismiyanti
Bambang Eko Susilo
Arief Agoestanto
Scolastika Mariani


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8251

Abstract


Kemampuan berpikir kritis salah satu kompetensi fundamental yang diperlukan siswa dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21. Tujuan dari penelitian menggunakan systematic literature review ini yaitu menganalisis dampak pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan meta sintesis dengan menganalisis 10 artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2020 – 2024 dari database Google Scholar dan terakreditasi Sinta. Kriteria inklusi meliputi penelitian empiris yang mengkaji implementasi PMRI dan pengukuran kemampuan berpikir kritis siswa tingkat sekolah dasar hingga menengah atas. Berdasarkan analisis, pendekatan PMRI terbukti secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan effect size berkisar antara 0,72 – 1,24 yang dikategorikan sebagai dampak besar. Konteks pembelajaran realistik yang mengintegrasikan situasi kehidupan nyata mampu merangsang proses kognitif tingkat tinggi, mendorong siswa menganalisis, mengevaluasi, dan mensintesis informasi secara mendalam. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan PMRI efektif sebagai strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan secara maksimal kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran matematika.

Keywords


PMRI; pembelajaran matematika; berpikir kritis

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Amalia, A. R., Purwati, H., & Nursyahidah, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PMRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(4), 321–328. https://doi.org/10.26877/imajiner. v2i4.5883

Aprinsyah, S. (2016). Perspektif Makna "Real" Pendekatan Matematika Realistik antara Guru dan Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 364-366. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21495

Awaluddin, M. R. N., Hamdani, Hartoyo, A., Bistari, & Siregar, N. (2024). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 205–215. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20189

Budiarti, M. I. E. (2023). Kemapuan Berpikir Kritis Matematis: Pemecahan Masalah Pisa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 324–331. https://doi.org/10.47709/educendikia .v3i02.2731

Dian Fitra. (2023). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35141/jie.v1i1.524

Fredrich et al. (2024). What Shapes Statistical and Data Literacy Research in K-12 STEM Education? A Systematic Review of Metrics and Instructional Strategies. Internasional Journal of STEM Education, 11(8). https://doi.org/10.1186/s40594-024-00517-z

Hadi, N. F. & Afandi, N. K., (2021). Literature Review is A Part of Research. Sultra Education Journal, 1(3), 64-71. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.203

Harahap, S. P. R., Andrian, F., & Annisah, S. (2024). Efektivitas Media Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5676–5687. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12596

Herdiansyah, D., Puteri, N. H., Hamza, Q. A., & Naini, R. (2024).Optimalisasi Open-Mindedness Character Strengths dalam Upaya Meningkatkan Critical Thinking Siswa Guna Mencapai Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 2(3). https://doi.org/10.35508/jbkf. v2i3.19600

Herlawan, Armin, R., & Poa, I. R. (2023). The Effectiveness of Mathematics Learning Using PMRI Approach with the Assistance of Learning Videos on Students' Critical Thinking Ability. Edumatica: Journal of Mathematics Education, 13(3). https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i03.21918

Hesy, Poluakan, C., & Rungkat, J. A. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Genta Mulia, 14(2), 87-106. https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.366

Khaq, S. A., Hilyana, F. S., & Ernawati, D. (2024). Penerapan Pendekatan PMRI Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2). https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15230

Mardiah, D., Dewi, I., & Medan, U. N. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistikk Indonesia (PMRI) Berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–104. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3831

Mulbasari, A. S., Putri, R. I., Zulkardi, & Aisyah, N. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Journal of Mathematics Science and Education, 6(1). https://doi.org/10.31540/jmse.v6i1.2611

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 15(1). DOI:10.31445/jskm.2011.150106

Nurmalita, R. A., & Hardjono, N. (2020). Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 47–53. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.543

Putri, E. S., & Ritonga, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA N 2 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21010–21019. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9607

Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan Matamatika Realistik Pendekatan Alternatif dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Ciptapustaka Media

Rosalia, D. M., Lestariningsih, & Kusumawati, I. B. (2022). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 177–187. https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.11

Sari, A. & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49

Sembiring, R. K. (2020). PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI): PERKEMBANGAN dan TANTANGANNYA. IndoMS. J.M.E, 1(1), 11–16. http://dx.doi.org/10.22342/jme.1.1.791.11-16

Sholihah, I., & Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Pembelajaran Himpunan. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1), 1–16. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.1.1-16

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605-612. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21554

Sukmawati, R., Nuraini, D., Aristy, S., & Raharjo, S. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Efikasi Diri Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 08(02), 224–234. https://doi.org/10.37150/jp.v8i2.3290

Wahyuni, I., Fazri, A., Zuhro, A. K., & Hasanah, U. (2023). Analysis of Students’ Mathematical Critical Thinking Skills With a Realistic Mathematics Education (Rme) Approach To Two-Variable Linear Equation System Material. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 11(2), 337–352. https://doi.org/10.24252/mapan.2023v11n2a9

Wibowo, A. & Putri, S. (2021). Pedoman Praktis Penyusunan Naskah Ilmiah dengan Metode Systematic Review. Universitas Indonesia. DOI:10.13140/RG.2.2.17871.20640