PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS IX

Azzahra Essillya
Danang Setyadi - [ https://orcid.org/0009-0008-1886-7645 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8218

Abstract


Salah satu permasalahan siswa di jenjang SMP pada mata pelajaran matematika adalah siswa mengalami kesulitan mempelajari materi bangun ruang. Siswa tidak dapat memahami materi dengan baik, terutama dalam memvisualisasikan bentuk, jaring, dan kerangka bangun. Dari hasil observasi, guru cenderung hanya menggunakan media seadanya selama proses pembelajaran, hal ini karena keterbatasan media yang tersedia. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media berbasis Augmented Reality untuk membantu siswa memperluas pemahaman mereka tentang konsep bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli, angket respon siswa, serta tes pretest dan posttest. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media tergolong sangat baik dan layak digunakan, dengan rata-rata persentase di atas 89%. Uji kepraktisan menunjukkan respons sangat baik dari siswa dengan persentase 84,61%. Sementara itu, hasil uji efektivitas menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media AR. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis AR terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang, serta menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran matematika di SMP.

Keywords


Media Pembelajaran; ADDIE; Augmented Reality; Bangun Ruang

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.

Alamsyah, N., & Krisdiawan, R. A. (2021). Pengembangan Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Tingkat SD/SMP dengan Menggunakan Metode Marker Augmented Reality. Jurnal Nuansa Informatika, 15(1), 45513. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

Andi Nurul Mutia, Apriyanto, A. A. H. D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bangun Ruang Augmented Reality Berbasis Android pada SMP Negeri 8 Palopo. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 1–11.

April, V. N., Liandri, T. W., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Pemahaman Konsep Bangun Ruang pada Pembelajaran Matematika dengan Media Interaktif di SDN 12 Padang Besi untuk menggali pemahaman tentang berbagai factor yang mempengaruhi pemahaman siswa ,. Jurnal Ilmiah Matematika, 3(April), 112–120.

Ariani, R. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. In Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (Vol. 5, Issue 2).

Fahdiansyah, R., & Anas, A. S. (2017). Teknologi Informasi sebagai Penunjang Perkembangan Sistem Informasi dalam Akuntansi. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT), 5(November), 246–253.

Haratua, Chandra Sagul; Maulana, Wirayudha Fauzan; Syarif, Maulana; Heriyanto; Romalaba, R. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Mata Pelajaran Geometri Matematika. Jurnal Genta …, 14(2), 193–206. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/468

Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

Mutia, M. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.107

Nurhasanah, Hayati, L., Salsabila, N. H., & Amrulah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 260–266. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________

Pangestu, I. A., Ruqoyyah, S., & Siliwangi, I. (2023). Pembelajaran daring materi bangun ruang pada Siswa Kelas V SD menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME). Journal of Elementary Education, 06(02), 228–234.

Pertiwi, A. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Pendekatan Resource Based Learning Untuk Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Vol. 4, Issue 1).

Sukma, L. R. G., Prayitno, S., Baidowi, B., & Amrullah, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. PALAPA, 10(2), 198–216. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.1897

Sungkono, S., Apiati, V., Santika, S., Matematika, P., Siliwangi, U., Siliwangi, J., 24, N., Tasikmalaya, J., Barat, I., & Com, S. S. (2022). Mosharafa: Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459–470. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Widyasari, N., & Ismawati, I. (2020). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar pada Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality dan Pasir Kinetik. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 63. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.442