PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATERI PECAHAN KELAS III SD

Isma Afifah
Tri Isti Hartini


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8178

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi wordwall pada materi pecahan kelas III yang praktis, efektif dan valid. Metode yang diguankan pada penelitian ini adalah pengembangan dan penelitian (R&D) dengan model ADDIE yaitu analysis, design, devolepment, implementation, and evaluation. Hasil data penelitian didapatkan dengan beberapa cara seperti observasi, wawancara, dan angket. Media ini telah diuji validasi oleh para validator ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan media tersebut. Hasil data yang diperoleh dari penilaian ahli media dengan presentase 86% dengan kategori sangat layak, 97% dari ahli materi dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil respon guru memperoleh data 100% dengan kategori sangat layak dan 91% dari hasil respon peserta didik setelah menggunakan media. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian yang menggunakan media pembelajaran wordwall melalui pembelajaran berdiferensiasi materi pecahan kelas III sekolah dasar sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Keywords


Pecahan; Pembelajaran Berdiferensiasi; Wordwall

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 149–150. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Anugrah, A., Istiningsih, S., Zain, M. I., & Kunci, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208–216.

David Maclinton, & Dedek Andrian. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prisma Berbasis Macromedia Flash Dengan Desain Pembelajaran Assure. Inomatika, 4(1), 83–97. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.323

Fitri, A. A., & Nani Solihati. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Proses Melalui Gaya Belajar Siswa Pada Materi Menulis Laporan Hasil Observasi. Semantik, 12(2), 221–232. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i2.p221-232

Gea, S. M. F., Harefa, P., Lase, H., & Ndraha, A. B. (2023). Pengaruh Sikap an Budaya Organisasi Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 1208–1223. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6385%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/6385/4469

Julaika, Munir Yusuf, A. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pecahan Permainan Edukasi Wordwall Pada Materi Pecahan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 4, 290–295.

Lai’Mandi, W., Kurniawati, I. Y., Ilyas, M., & Sarniaty, S. (2023). Penggunaan. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 34–41.

Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hyflex Learning Berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225–235. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235

Magdalena, I., Ramadanti, F., Az-Zahra, R., Kunci, K., Belajar, :, & Ajar, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 434–459. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Muhsan, R., Hanim, N., & Zuraidah. (2022). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Prezi Berbasis Metode Problem Solving pada Materi Perubahan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 10(2), 57–65.

Nasron, N., Nurhasanah, N., Suranda, N., & Khadafi, M. (2024). Macam-Macam Perkembangan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 14043–14057.

Norma, Pratiwi Puji, Putriyani S, N. (2024). Penggunaan Media Powtoon dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(August), 859–873. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i2.1962

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Rahmawati, R. (2024). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 237–238. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p150-156

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 196. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Shomad, M. A., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 2(2), 2829–3363.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Kencana.

Thoriq Aji Silmi, A. H. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347

Zahra Kamila, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurbal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 76. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663