IMPLEMENTASI MODEL PBL BERBANTUAN SKETCHUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS VII

Santi Salamah
Elis Nurhayati
Ratna Rustina


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8151

Abstract


Studi pada penelitian dimaksudkan sebagai upaya mendeskirpsikan peggunaan pendekatan PBL yang didukung oleh aplikasi SketchUp dapat menunjang peningkatan kemampuan spasial peserta didik pada materi geometri berbentuk 3D. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini didasarkan pada minimnya kemapuan spasial peserta didik dan terbatasnya media pembelajaran visual yang mampu memfasilitasi pemahaman konsep geometri secara konkret. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini melalui desain eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive terhadap peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Sukaratu. Data diperoleh dengan memanfaatkan tes uraian kemampuan spasial yang didalamnya tercantum tiap indikator menurut Goldsmith, yaitu : pemahaman bentuk dan dimensi, visualisasi mental, rotasi dan transformasi, serta pemetaan spasial. Instrumen telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya menggunakan SPSS 25. Hasil penelitiian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan spasial peserta didik pada tiap indikator setelah diimplementasikannya model PBL berbantuan SketchUp. Peserta didik menunjukkan keterlibatan aktif dalam pembelajaran dan mampu mebangun serta memanipulasi objek bangun ruang menggunakan SketchUp secara mandiri. Sebanyak 87% peserta didik mecapai skor di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), yang menunjukkan peningkatan signifikan dari pembelajaran sebelumnya. Dengan demikian, disimpulkan jika implementasi model Problem Based Learning berbantuan SketchUp bisa meningkatkan kemampuan spasial peserta didik secara signifikan.


Keywords


Bangun Ruang Sisi Datar; Implementasi Pembelajaran; Kemampuan Spasial; Problem Based Learning; SketchUp

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ardita, I. M., Yudana, I. M., & Dantes, K. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Interaktif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan di SMK PGRI 3 Badung. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2859–2872. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.691

Lestari, Y. P., & Radia, E. H. (2018). Penerapan PBL(Problem Based Learning) Berbantuan Media Papan Catur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika kelas 4 SD. 4.

Lubis, S., Andayani, S., & Habibullah, H. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi Pada Kemampuan Spasial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3017

Sekarwulan, A. R. (2019). Penggunaan Media 3D SketchUp pada Pembelajaran Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Kemampuan Spatial Sense pada Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 3(2), 143. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i2.121

Sugiyono. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suryaningtyas, W., & Kristanti, F. (2023). Klasifikasi Kriteria Kemampuan Siswa Untuk Heterogenitas Kelompok Belajar Menggunakan Agglomerative Hierarchical Cluster Analysis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(1), 45. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.15920

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Zuhrahmi, Z., Marbun, M., Asdiana, A., Zulyaden, Z., Veranita, V., & Rinaldy, R. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sketchup Desain Interior Pada Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9), Article 9. https://doi.org/10.59837/2z3mky89