ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF

Rafika Saskia Febrianti
Kartono Kartono
Putriaji Hendikawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7747

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kualitas pembelajaran setelah diterapkannya model flipped classroom berbantuan PowerPoint interaktif terhadap kemampuan penalaran matematis, serta mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan kemandirian belajar. Instrumen yang digunakan meliputi tes, kuesioner kemandirian belajar, wawancara, lembar respon siswa, dan lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan proses pembelajaran. Sampel penelitian dipilih melalui teknik simple random sampling, dengan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Powerpoint Interaktif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dinyatakan berkualitas, (2) Kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar pada pembelajaran Flipped Classroom berbantuan PowerPoint Interaktif menunjukkan bahwa: Siswa berkemampuan kemandirian belajar tinggi berhasil memenuhi seluruh indikator; Siswa berkemampuan kemandirian belajar sedang belum mampu memenuhi indikator penyajian pernyataan matematika melalui tulisan, gambar, simbol, atau diagram, dan untuk indikator lainnya ada yang dapat memenuhi ada yang tidak dapat memenuhi; dan Siswa berkemampuan kemandirian belajar rendah tidak dapat memenuhi semua indikator, kecuali indikator melakukan manipulasi dan menarik kesimpulan terdapat satu subjek yang mampu memenuhi indikator tersebut.

Keywords


penalaran matematis; kemandirian belajar; flipped classroom; powerpoint interaktif

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal on Education, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.31004/JOE.V1I1.5

Ariani, S., Prayitno, S., Yulis Tyaningsih, R., & Arjudin, A. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Materi Barisan Dan Deret Di Masa Pandemi COVID-19. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 931–941. https://doi.org/10.29303/GRIYA.V2I4.250

Astuti, P., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Soal-Soal Materi Segi Empat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 807. https://doi.org/10.22460/JPMI.V1I4.P807-818

Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 62–70. https://doi.org/10.24176/ANARGYA.V4I1.6080

Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1928–1934. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I5.695

Creeswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288–296. https://doi.org/10.31004/JOE.V1I2.66

Fariha, M., & S, I. R. K.-K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Ice Breaking Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTs Zia Salsabila. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 490–501. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6406

Fatunnisa, S. H., & Fitri, H. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII.4 SMP N 1 2 X 11 Kayutanam. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 39–51. https://doi.org/10.28918/CIRCLE.V1I02.3930

Fedistia, R., & Musdi, E. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 45–59. https://doi.org/10.24815/JDM.V7I1.14371

Fitriani, A., & Yusri, F. (2022). Tingkat Kemandirian Belajar Pada Remaja. Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.37064/CONSILIUM.V9I1.11332

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., Hanggara, Y., & Kepulauan, U. R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/ABSIS.V4I1.894

Lukmanul, H., Sukestiyarno, Y. L., & Zaenuri, Z. (2022). Mathematical Reasoning Ability from Student Learning Independence Side in Problem Based Learning Assisted Ethnomathematical Comics Module. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1), 26–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/50792

Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2020). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.31000/PRIMA.V4I1.2081

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Prayito, M. (2016). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Belajar Garis dan Sudut dengan GeoGebra. Dalam Suska Journal of Mathematics Education (Vol. 2, Nomor 1).

Poakuma, Y. A., Samo, D. D., & Udil, P. A. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Kupang Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Haumeni Journal of Education, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.35508/HAUMENI.V3I2.11866

Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(1), 29–35. https://doi.org/10.34312/EULER.V8I1.10392

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Universitas Pendidikan Indonesia. https://www.academia.edu/10346582/BERFIKIR_DAN_DISPOSISI_MATEMATIK_APA_MENGAPA_DAN_BAGAIMANA_DIKEMBANGKAN_PADA_PESERTA_DIDIK

Suryani, N. E., Utami, C., & Husna, N. (2023). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 21–39. https://doi.org/10.33222/JUMLAHKU.V9I1.2820

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602–2614. https://doi.org/10.24127/AJPM.V10I4.4369

Wardhani, S. (2008). Analisis SKI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan.

Wulandari, A. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 1(2), 151–162. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.3648

Yanuarto, W. N., & Qodariah, L. N. (2020). Deskripsi Literasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 41–53. https://doi.org/10.31002/MATHLOCUS.V1I2.1070