ANALISIS PENERAPAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Alaria, S. W. I., Mandolang, A. H., & Silangen, P. M. (2023). Penerapan Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perpindahan Kalor. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 63–69. https://doi.org/10.53682/charmsains.v4i2.246
Amiyani, R., & Widjajanti, J. B. (2018). The Excellence of Guided Discovery Learning on Mathematical Knowledge-Based, Skill-Based, and Attitude. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012145
Asih, N., & Ramdhani, D. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.579
Chan, S. W., Looi, C. K., & Sumintono, B. (2021). Assessing computational thinking abilities among Singapore secondary students: a Rasch model measurement analysis. Journal of Computers in Education, 8(2), 213–236. https://doi.org/10.1007/s40692-020-00177-2
Darmawan, P., & Wahyuni, S. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JIPM: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.33830/hexagon.v2i1.6147
Fauji, T., Deniyanti Sampoerno, P., & Hakim, L. El. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Berdasarkan Mathematics Self-Concept (MSC) dengan Mengontrol Kemampuan Awal Matematis (KAM). JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6(2), 87. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1885
Gais, Z., Ekasatya, D., & Afriansyah, A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Moshrafa: Jurnal Pendidkan Matematika, 6(2), 255. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.447
Gunawan Supiarmo, M., Elly Susanti, dan, & Maulana Malik Ibrahim, U. (2021). Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning. Jurnal Numeracy, 8(1). https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1378
Kong, S.-C. (2019). Learning Composite and Prime Numbers Through Developing an App: An Example of Computational Thinking Development Through Primary Mathematics Learning. In Computational Thinking Education (pp. 145–166). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-6528-7_9
Maharani, S., Nusantara, T., Rahman Asari, A., & Qohar, A. (2020). Computational thinking pemecahan masalah di abad ke-21 (A. Septyawan, I. Susilowati, E. F. Subeqi, & E. Melasevix, Eds.). Wade Group.
Miswanto. (2024). Characteristics of Computational Thinking in Solving Mathematical Problems based on Kolb’s Learning Style Article Info ABSTRACT. Journal of Mathematics Education and Application (JMEA), 3(1), 13–24. https://doi.org/10.30596/jmea.v1i4.18855
Nisa, K., Sridana, N., Salsabila, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5, 17. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4884
Novianti, Khaulah, S., & Husnidar. (2024). Computational Thinking Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika PISA. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3048
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework (PISA, Ed.). OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Pratama Saputra, Y., Pramestie Wulandari, N., & Hikmah, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal of Classroom Action Research, 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2800
Putri, D. R., & Nugraheni, E. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1898
Rahimmiptahuddin. (2018). Implementasi Model Guided Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Mia-1 Madrasah Aliyah Negeri 3 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 197–209. https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5684
Rezkiani, P., & Warmi, A. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal PISA Dalam Konten Ruang Dan Bentuk. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.12488
Sa’adah, U., Faridah, S. N., Ichwan, M., Nurwiani, N., & Tristanti, L. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i1.19391
Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Capabilities of Problem Solving In Completing the Matter of Fractional by Junior High School Students by Polya’s Steps. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 146–154. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.104
Simanjuntak, E., Armanto, D., & Dewi, I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship. Jurnal Fibonaci, 04(1), 11–17. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1
Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Smk Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317
Suryani, M., Jufri, H. L., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.597
Sutama, Hidayati, Y. M., & Novitasari, M. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Wulandari, W., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship dan Quantity. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 439. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7233