ANALISIS PENERAPAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

Widhia Febriyanti
Budi Murtiyasa


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7726

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional siswa dalam memecahkan persoalan PISA konten Uncertainty and Data ditinjau dari kemampuan awal matematis serta mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Colomadu dengan melibatkan 30 siswa kelas IX sebagai subjek, yang dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan awal matematis: rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini secara khusus mengangkat konten Uncertianty and Data serta menelaah kemampuan berpikir komputasional siswa berdasarkan lima indikator utama yaitu berupa abstraksi, dekomposisi, pattern recognition, algorithmic thinking, dan generalisasi. Instrumen yang digunakan meliputi soal pre-test, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan post-test.. Guided Discovery Learning (GDL) digunakan sebagai treatment untuk peningkatan kemampuan berpikir komputasional siswa. Hasil penelitian memaparkan bahwa setelah diberikan treatment, seluruh subjek mengalami peningkatan kemampuan dalam kelima indikator berpikir komputasional, yaitu abstraksi, dekomposisi, pattern recognition, algorithm thinking, dan generalisasi. Siswa dengan kemampuan awal rendah, sedang, dan tinggi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam memahami, menganalisis, serta menyelesaikan permasalahan peluang berbasis PISA secara sistematis dan logis. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran GDL dan soal-soal kontekstual sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, khususnya untuk pembelajaran matematika.

Keywords


Berpikir Komputasional; Guided Discovery Learning; PISA

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Alaria, S. W. I., Mandolang, A. H., & Silangen, P. M. (2023). Penerapan Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perpindahan Kalor. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 63–69. https://doi.org/10.53682/charmsains.v4i2.246

Amiyani, R., & Widjajanti, J. B. (2018). The Excellence of Guided Discovery Learning on Mathematical Knowledge-Based, Skill-Based, and Attitude. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012145

Asih, N., & Ramdhani, D. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.579

Chan, S. W., Looi, C. K., & Sumintono, B. (2021). Assessing computational thinking abilities among Singapore secondary students: a Rasch model measurement analysis. Journal of Computers in Education, 8(2), 213–236. https://doi.org/10.1007/s40692-020-00177-2

Darmawan, P., & Wahyuni, S. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JIPM: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.33830/hexagon.v2i1.6147

Fauji, T., Deniyanti Sampoerno, P., & Hakim, L. El. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Berdasarkan Mathematics Self-Concept (MSC) dengan Mengontrol Kemampuan Awal Matematis (KAM). JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6(2), 87. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1885

Gais, Z., Ekasatya, D., & Afriansyah, A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Moshrafa: Jurnal Pendidkan Matematika, 6(2), 255. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.447

Gunawan Supiarmo, M., Elly Susanti, dan, & Maulana Malik Ibrahim, U. (2021). Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning. Jurnal Numeracy, 8(1). https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1378

Kong, S.-C. (2019). Learning Composite and Prime Numbers Through Developing an App: An Example of Computational Thinking Development Through Primary Mathematics Learning. In Computational Thinking Education (pp. 145–166). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-6528-7_9

Maharani, S., Nusantara, T., Rahman Asari, A., & Qohar, A. (2020). Computational thinking pemecahan masalah di abad ke-21 (A. Septyawan, I. Susilowati, E. F. Subeqi, & E. Melasevix, Eds.). Wade Group.

Miswanto. (2024). Characteristics of Computational Thinking in Solving Mathematical Problems based on Kolb’s Learning Style Article Info ABSTRACT. Journal of Mathematics Education and Application (JMEA), 3(1), 13–24. https://doi.org/10.30596/jmea.v1i4.18855

Nisa, K., Sridana, N., Salsabila, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5, 17. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4884

Novianti, Khaulah, S., & Husnidar. (2024). Computational Thinking Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika PISA. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3048

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework (PISA, Ed.). OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Pratama Saputra, Y., Pramestie Wulandari, N., & Hikmah, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal of Classroom Action Research, 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2800

Putri, D. R., & Nugraheni, E. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1898

Rahimmiptahuddin. (2018). Implementasi Model Guided Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Mia-1 Madrasah Aliyah Negeri 3 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 197–209. https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5684

Rezkiani, P., & Warmi, A. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal PISA Dalam Konten Ruang Dan Bentuk. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.12488

Sa’adah, U., Faridah, S. N., Ichwan, M., Nurwiani, N., & Tristanti, L. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i1.19391

Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Capabilities of Problem Solving In Completing the Matter of Fractional by Junior High School Students by Polya’s Steps. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 146–154. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.104

Simanjuntak, E., Armanto, D., & Dewi, I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship. Jurnal Fibonaci, 04(1), 11–17. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1

Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Smk Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317

Suryani, M., Jufri, H. L., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.597

Sutama, Hidayati, Y. M., & Novitasari, M. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Wulandari, W., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship dan Quantity. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 439. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7233