ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Alfina Aminatul Sholikah
Nurul Khotimah
Mallevi Agustin Ningrum
Andi Kristanto
Kartika Rinakit Adhe


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7657

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran experiential learning dalam meningkatkan kreativitas pada anak usia dini. Cakupan studi ini mencakup penerapan model tersebut melalui interaksi dengan lingkungan sekitar dan pengalaman nyata, serta dampaknya terhadap kemampuan kreativitas anak. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan menggunakan pendekatan studi literatur, yang mencakup analisis menyeluruh dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran experiential dapat meningkatkan kreativitas anak-anak dengan mendorong mereka untuk bekerja sama, mencoba hal-hal baru, dan meneliti konsep baru. Aktivitas yang dilakukan melalui permainan, simulasi, dan proyek praktis memberikan kesempatan bagi anak untuk terlibat dalam proses belajar. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa model pembelajaran ini memiliki potensi signifikan dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini, yang merupakan dasar yang sangat penting untuk kemajuan mereka di masa depan. Penelitian ini juga merekomendasikan integrasi model experiential learning dalam praktik pendidikan anak usia dini untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif.

Keywords


experiential learning; creativity; early childhood

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


.Aprillia, E., Wulandari, R., & Fahmi. (2023). Pengelolan Pembelajaran Seni Rupa Melalui Kegiatan Kolase Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 139–147. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.663

Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/jpud.111.10

Basrah, E. N., Muharram, Herman, & Herlina. (2024). Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia Dini di TKIT Cobig. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.29313/ga

Budiwaluyo, H., & Muhid, A. (2021). Manfaat Bermain Papercraft Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76–93.

Farikhah, A., Mar’atin, A., Afifah, L. N., & Safitri, R. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Loose Part. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 61–73. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3493

Febriana, H. R., & Iswantiningtyas, V. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Semdikjar 5: Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran, 815–825.

Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 275–281.

Hikmah, N., Afif, N., & Ayuningrum, D. (2021). Experiential Learning Pada Model Pembelajaran Ta’lim Yaumiyah Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02). http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2183

Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., & Nurhikmah, N. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4600–4607. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, V(1), 19–31. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3672

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Rini, R. Y. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosa Kata pada Anak Melalui Pendekatan Model Experiental Learning. Jurnal Anak Bangsa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 1(https://doi.org/10.46306/jas.v1i2 p-ISSN), 121–240.

Rohinah. (2018). Experiential Learning dalam Pembelajaran Agama Anak Usia Dini Berbasis Sekolah Alam di TKIT Nurul Islam Yogyakarta. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 1–14.

Sari, M. P., Mardhiah, R., & Damayanti, M. (2024). upaya Meningkatkan Kreativittas Siswa Sekolah Dasar: A Systematic Literature Review dan Bibliometric Analisis. Dwija Cendekia : Jurnal Riset Pedagogik, 8(3), 401–420. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i3.86831

Suryaningsih, N. M. A. (2024). Studi Literatur : Implementasi Experiential Learning Terhadap Kemampuan 4C Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 820–827. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.807

Yetra, S., Izzati, & Yaswinda. (2020). Pelaksanaan Model Experiental Learning di Pendidikan Anak Usia Dini Sekolah Alam Minangkabau. Jurnal Golden Age, 4(01), 90–99. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2141

Yuris, E., & Raniyah, Q. (2022). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Kegiatan Outbound pada Anak Usia Dini di Yayasan H . Abdurrahim Harahap Kecamatan Medan Amplas. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(2), 1238–1249.