ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Elsya Salsabilla Dasaad - [ https://orcid.org/0009-0008-3162-6125 ]
Sugeng Sutiarso
Wayan Rumite


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7591

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan representasi matematis dalam memecahkan masalah persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel menggunakan mixed method dengan model sequential explanatory. Pendekatan kuantitatif dilakukan terlebih dahulu melalui tes yang diikuti 29 siswa kelas VII.3 SMP Negeri 26 Bandar Lampung, kemudian dilanjutkan dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara terhadap 3 siswa dengan tingkat kemampuan berbeda. Data kuantitatif dianalisis secara statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif menggunakan tahapan Miles & Huberman.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan visual siswa berapa pada kategori cukup (65%), representasi simbolik kategori baik (84%), dan representasi verval kategori baik (76%). Kesulitan dalam representasi visual disebabkan oleh pemahaman konsep geometri yang rendah dan minimnya latihan. Siswa dengan kemampuan simbolik dan verbal yang baik lebih sistematis dalam menyelesaikan soal. Penguatan aspek  representasi visual melalui pembelajaran berbasis media dan latihan interpretasi gambar diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa secara menyeluruh.

Keywords


Kemampuan Representasi Matematis; Mixed Method; Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed Method Research untuk Disertasi. INNOVATIVE: Journal Social Science Research, 3(2), 8010–8025.

Azzahra, D. F., Putra, R. W. Y., & Farida. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berbasis Soal-Soal Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984

Chasanah, A. N., As’ari, A. R., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 107–115. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.31642

Inayah, S. (2018). Penerapan pembelajaran kuantun untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–16.

Marina, R., Susanti, E., & Meryansumayeka. (2025). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Perbandingan Menggunakan Konteks Jajanan Analysis of Junior High School Students ’ Mathematical Representation Abilities on Comparison Material Using the Context of Snacks. 13(1), 31–46.

Muhamad, N. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 75–90.

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1423–1432. https://doi.org/10.54082/jupin.554

Nabila, S. L., Armiati, & Mukhni. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan. Analisis Kemampuan Matematis: Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA Pertiwi 2 Padang, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285

Nurtiana, N., & Sari, R. M. M. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Masalah. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 28–38. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5246

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1169–1180. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1169-1180

Rohana, Sari, E. F. P., & Nurfeti, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Materi Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 679. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3365

Sari, R. P., Waluya, S. B., & Supriyadi. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Model Auditory Intellectually Repetition (AIR). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 1, 2–4.

Shinariko, L. J., Hartono, Y., Yusup, M., Hiltrimartin, C., & Araiku, J. (2021). Mathematical Representation Ability on Quadratic Function Through Proof Based Learning. 513, 653–659. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.177

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tonda, A. F., Suwanti, V., & Murniasih, T. R. (2020). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Silogisme, 5(1), 19–24.

Verina, I. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Journal on Mathematics Education Research, 04(02), 38–53.

Warisi, K. (2016). Representasi Matematis Berdasarkan Tingkat Kemampuan Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh. 6.

Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234

Wijayanto, M. T., Purwosetiyono, F. D., & Prasetyowati, D. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7026

Wulandari, S. D. (2019). Profil Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Media Screencast O Matic. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 83–87. https://doi.org/10.32665/james.v2i2.98

Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.661

Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.870

Zulfah, & Rianti, W. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Bangkinang Dalam Menyelesaikan Soal Pisa 2015. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 118–127. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.56