ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed Method Research untuk Disertasi. INNOVATIVE: Journal Social Science Research, 3(2), 8010–8025.
Azzahra, D. F., Putra, R. W. Y., & Farida. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berbasis Soal-Soal Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984
Chasanah, A. N., As’ari, A. R., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 107–115. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.31642
Inayah, S. (2018). Penerapan pembelajaran kuantun untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–16.
Marina, R., Susanti, E., & Meryansumayeka. (2025). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Perbandingan Menggunakan Konteks Jajanan Analysis of Junior High School Students ’ Mathematical Representation Abilities on Comparison Material Using the Context of Snacks. 13(1), 31–46.
Muhamad, N. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 75–90.
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1423–1432. https://doi.org/10.54082/jupin.554
Nabila, S. L., Armiati, & Mukhni. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan. Analisis Kemampuan Matematis: Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA Pertiwi 2 Padang, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285
Nurtiana, N., & Sari, R. M. M. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Masalah. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 28–38. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5246
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1169–1180. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1169-1180
Rohana, Sari, E. F. P., & Nurfeti, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Materi Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 679. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3365
Sari, R. P., Waluya, S. B., & Supriyadi. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Model Auditory Intellectually Repetition (AIR). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 1, 2–4.
Shinariko, L. J., Hartono, Y., Yusup, M., Hiltrimartin, C., & Araiku, J. (2021). Mathematical Representation Ability on Quadratic Function Through Proof Based Learning. 513, 653–659. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.177
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tonda, A. F., Suwanti, V., & Murniasih, T. R. (2020). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Silogisme, 5(1), 19–24.
Verina, I. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Journal on Mathematics Education Research, 04(02), 38–53.
Warisi, K. (2016). Representasi Matematis Berdasarkan Tingkat Kemampuan Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh. 6.
Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234
Wijayanto, M. T., Purwosetiyono, F. D., & Prasetyowati, D. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7026
Wulandari, S. D. (2019). Profil Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Media Screencast O Matic. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 83–87. https://doi.org/10.32665/james.v2i2.98
Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.661
Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.870
Zulfah, & Rianti, W. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Bangkinang Dalam Menyelesaikan Soal Pisa 2015. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 118–127. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.56