PENGGUNAAN ABAKUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA PESERTA DIDIK DISKALKULIA
Abstract
Diskalkulia diidentifikasi sebagai gangguan belajar yang memengaruhi kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika, terutama operasi penjumlahan dan pengurangan. Riset pendidikan matematika yang berfokus pada penyandang diskalkulia tergolong sedikit, padahal diperlukan atensi lebih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan abakus dalam meningkatkan keterampilan operasi penjumlahan dan pengurangan siswa dengan diskalkulia. Metode penelitian menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A, terdiri dari baseline awal(A1), intervensi menggunakan abakus (B), dan baseline setelah intervensi (A2). Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling adalah seorang siswa kelas VIII yang didiagnosis mengalami diskalkulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase A1, siswa hanya mampu menjawab 3,125% soal dengan benar. Setelah intervensi dengan abakus pada fase B, tingkat keberhasilan meningkat dari 3,125% hingga 100%. Bahkan setelah intervensi dihentikan pada fase A2, siswa mampu mempertahankan skor 90,6%-100%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan abakus sebagai alat bantu visual dan kinestetik dapat meningkatkan keterampilan operasi penjumlahan dan pengurangan siswa dengan diskalkulia secara signifikan. Hasil penelitian ini menguatkan pentingnya pendekatan multisensori dalam pembelajaran inklusif bagi siswa dengan gangguan belajar seperti diskalkulia.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.). Syakir Media Press.
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic And Statistical Manual Of Dsm-5 Tm (5th Ed.). American Psychiatric Association.
Delport, D. (2021). The Impact Of Math Manipulatives As A Multi-Sensory Teaching Technique In Statistics. Must: Journal Of Mathematics Education, Science And Technology, 6(2), 186. Https://Doi.Org/10.30651/Must.V6i2.10168
Fakhriya, S. D. (2022). Gangguan Belajar (Diskalkulia) : Definisi Dan Model Intervensi. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(3), 115–119. Https://Doi.Org/10.52436/1.Jpti.152
Gerieska, O., & Pratiwi, R. (2022). Analisis K Esalahan Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri 067249 Medan Marelan T. P. 2021/2022. 2(3), 187–203.
Jannah, F. C., Endang, & Sartinah, P. (2019). Penggunaan Media Abacus Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Penggunaan Media Abacus Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Autis.
Jati, L. K., Prasetyo, M. P., Shalihah, N., & Asmawati, T. (2020). Upaya Meminimalisasi Diskalkulia Pada Siswa Kelas 7g Di Smp Negri 2 Kartasura. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 149–155. Https://Doi.Org/10.23917/Blbs.V2i2.12843
Leon, S. P., Fraile, M. Del C. C., & Garcia-Martinez, I. (2021). Development Of Cognitive Abilities Through The Abacus In Primary Education Students: A Randomized Controlled Clinical Trial. Education Sciences, 11(2), 1–19. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci11020083
Muzakir, U., & Teiri Nurtiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Berhitung Dengan Penerapan Media Tangga Pintar Pada Anak Kelompok B Di Paud Ibnu Sina Aceh Besar. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Vol. 2, Issue 2).
Peters, L., Op De Beeck, H., & De Smedt, B. (2020). Cognitive Correlates Of Dyslexia, Dyscalculia And Comorbid Dyslexia/Dyscalculia: Effects Of Numerical Magnitude Processing And Phonological Processing. Research In Developmental Disabilities, 107. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ridd.2020.103806
Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research.
Rahma, I. F., Simamora, S. S., & Shena. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Abacus Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini The Influence Of Abacus Learning Media To Improve Counting Ability In Early Childhood Indah Fitria Rahma 1 , Siti Suharni Simamora 2 , Shena 3. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(1).
Safitri, S., & Iswari, M. (2024). Efektivitas Media Keranjang Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Lambang Bilangan 1 Sampai 10 Pada Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 506–510.
Schwizer Ashkenazi, S., Roell, M., Mccaskey, U., Cachia, A., Borst, G., O’gorman Tuura, R., & Kucian, K. (2024). Are Numerical Abilities Determined At Early Age? A Brain Morphology Study In Children And Adolescents With And Without Developmental Dyscalculia. Developmental Cognitive Neuroscience, 67. Https://Doi.Org/10.1016/J.Dcn.2024.101369
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Tsukuba, U. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. In Cricet: Universitas Tsukuba.
Wang, C. (2020). A Review Of The Effects Of Abacus Training On Cognitive Functions And Neural Systems In Humans. In Frontiers In Neuroscience (Vol. 14). Frontiers Media S.A. Https://Doi.Org/10.3389/Fnins.2020.00913
Yuwono, I. (2021). Single Subject Research. Www.Plb.Unlam.Ac.Id