IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN PHOTOMATH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Yulyan Yuwana
Aritsya Imswatama
Hamidah Suryani Lukman


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7470

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model Think Pair Share (TPS) berbantuan Photomath di MTs N 3 Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain Control Group Pretest dan Posttest. Subjek penelitian terdiri dari 90 siswa kelas VIII MTs N 3 Sukabumi, yang dibagi menjadi dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik analisis data yang diterapkan adala uji anava satu jalur dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Pair Share (TPS) berbantuan Photomath lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan dengan model Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning.


Keywords


Photomath; Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; model Think Pair Share

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. 2(2).

Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/594

Avanda, A. Y., & Putri, S. A. W. (2020). Eksistensi Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2. https://doi.org/10.21831/pspmm.v2i0.106

Chang, F.-R. (2010). How to Solve it. In Stochastic Optimization in Continuous Time. https://doi.org/10.1017/cbo9780511616747.007

Dhiman, S. C. (1981). Tentorium in Leptocorisa varicornis Fabr. (Heteroptera -- Coreidae). Folia Morphologica, 29(4), 336–338.

Kholili, A., Shoffa, S., & Soemantri, S. (2021). Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa: Kajian Meta Analisis. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1441–1452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1441-1452

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.641

Maritha, R. F., Pratama, F., Utomo, T. C., Amrullah, H. M., Hadibasyir, H. Z., & Wicaksana, A. A. (2021). Analisis Persepsi Konsumen dan Harapan Terhadap Produk Inovasi Boba Bonggol Pisang. Jurnal Inovasi Dan Kreativitas (JIKa), 1(2), 64–76. https://doi.org/10.30656/jika.v1i2.3820

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-23

Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D.

Sulolipu, A. A., Yahya, M., Rismawanti, E., & Anas, M. (2023). Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 730–737. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i5.118

Udmah, S., Purwaningrum, J. P., & Ermawati, D. (2023). Penggunaan Media KOKUBA untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 59–74. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1016

Wirevenska, I., Afni, K., Mardiati, M., & Br Panggabean, M. V. (2022). Perbandingan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 80–86. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.628