PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Ghea Desianty Ramadina
Rina Marlina


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.3678

Abstract


Pencapaian siswa dapat dilihat tidak hanya dari kecerdasan intelektual tetapi juga dari kecerdasan emosional. Dilakukannya penelitian untuk memastikan apakah kecerdasan emosional berdampak pada kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. 40 orang peserta didik kelas VIII G SMPN 5 Karawang Barat menjadi subjek pada penelitian ini. Sampel yang diambil sebanyak 15 orang. Angket kecedasan emosional dan instrument tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian survey kuantitatif digunakan dalam jenis penelitian ini. Analisis data dibantu SPSS 25 dengan uji normalitas data, uji linieritas data, dan uji hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan nilai sig. sebesar 0,002. Ini menujukkan bahawa nilai sig. kurang dari 0,05 dan itu berarti diterima. Dengan persamaan regresi Y = 100,368 0,519X. Sehingga penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VIII

Keywords


Pengaruh, kecerdasan emosional, kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ashari, N. W., Ilyas, M., & Halim, R. F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 51.

Brahmansyah, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(2), 1. https://doi.org/10.17509/jpak.v4i2.15418

Elvira, N. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal TP 2019/2020. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Khoiri Shokhifatul, T. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Mts Maarif Nu Kaligiri Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2019/2020 SKRIPSI. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Lestari Eka, K., & Yudhanegera Ridwan, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 2nd ed.). PT Refika Aditama.

Maharani, A. (2014). Mengenal Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 6370. http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/474

Permendikbud. (2014). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Sereal Untuk, 51.

Permendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022. (2022). Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang pendidikan Menengah. 24(2), 1116.

Raharjo, S., Hasanah Faizatul, N., Ramadani Anwari, N., & Alkikipa, F. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Soal HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 153159.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.

Utami, N., Lestari, W., & Napis. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 282 Jakarta. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 58, 173180. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8533