Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang

Tomi Listiawan - [ https://orcid.org/0000-0002-2914-3414 ]
Silfia Hayuningrat
Mohammad Khoirul Anwar


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.3637

Abstract


Dalam memahami konsep bangun ruang visualisasi sangat diperlukan dalam menunjang kegiatan guru dalam menyampaikan informasi terkait materi yang disampaikan. Seiring berjalannya waktu teknologi terus berkembang dan banyak trobosan media pembelajaran. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda virtual dan benda nyata secara Realtime. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi bangun ruang untuk siswa SMK kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Kras. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development) dengan menggunakan metode ADDIE. Langkah dalam penelitian ini adalah tahap Analisis, Desain, Development, Implementation, Evaluation. Untuk melakukan uji kelayakan dilakukan validasi ahli media, ahli materi, praktisi guru, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran bangun ruang berbasis Augmented Reality berdasarkan tabel penilain dapat dikategorikan sangat baik. Hal ini berdasarkan penilaian ahli media keseluruhan aspek mendapat perolehan nilai oleh ahli media 82,66%, oleh ahli materi 80%, praktisi pembelajaran 88%, uji kelompok kecil 83%, dan uji kelompok besar 86%, jika dirata-rata maka akan diperoleh hail presentase 84,93%, sehingga media berada pada kategori sangat baik untuk dijadikan media pembelajaran matematika. Dari pengujian tersebut dapat di simpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi bangun ruang ini dapat digunakan guru sebagai inovasi media pembelajaran matematika untuk siswa SMA/SMK Kelas XI

Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Bangun Ruang

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Azuma, R. T. (1997). A survey of Augmented Reality. Foundations and Trends in Human-Computer Interaction, 8(23), 73272. https://doi.org/10.1561/1100000049

Elfeky, A. I. M., & Elbyaly, M. Y. H. (2021). Developing skills of fashion design by Augmented Reality technology in higher education. Interactive Learning Environments, 29(1), 1732. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1558259

Erbas, C., & Atherton, S. (2020). a Content Analysis of Augmented Reality Studies Published in 2017. Journal of Learning and Teaching in Digital Age, 2020(1), 715.

Erbas, C., & Demirer, V. (2019). The effects of Augmented Reality on students academic achievement and motivation in a biology course. Journal of Computer Assisted Learning, 35(3), 450458. https://doi.org/10.1111/jcal.12350

Harsa K, A., Yusika R, A., & Satria, B. (2014). Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Dengan Metode Marker Augmented Reality. Sebatik Stmik Wicida, 1924.

Imaniyati, P. (2022). Peran Guru Dalam Pengajaran di Abad ke-21. Thesis Commons, 15.

Kamelia. (2015). Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Noviembre 2018, IX(1), 1.

Langer, K., Lietze, S., & Krizek, G. Ch. (2021). Vector AR3-APP A Good-Practice Example of Learning with Augmented Reality. European Journal of Open, Distance and E-Learning, 23(2), 5164. https://doi.org/10.2478/eurodl-2020-0010

Listiawan, T. (2017). Representasi Mental Dan Proses Kognitif Yang Mendasari Technological Pedagogical and Content Knowledge ( Tpack ). Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan IKIP Mataram 2017, 588596.

Orton. (1992). Learning Mathematics (Second Edition).

Ozcakir, B., & Cakiroglu, E. (2021). An Augmented Reality learning toolkit for fostering spatial ability in mathematics lesson: Design and development. European Journal of Science and Mathematics Education, 9(4), 145167. https://doi.org/10.30935/SCIMATH/11204

Putro, P. C., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 131142. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1041

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 20992104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 415424. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alvabeta, Ed.). CV. Bandung.


slot gacor slot