PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENGUKURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikanpeningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD, khususnya pada materi pengukuran melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rancangannya mengacu pada desain penelitin Kemmis dan Mc. Tagart, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Gador 2 tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen penelitian meliputi lembar tes, lembar observasi, lembar wawancara dan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode demonstrasi terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I 79,38 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 75,00% meningkat pada siklus II menjadi 89,38 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 100%.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Azwar, S. 2010. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. 2007. Qualitative Research In Education. Boston: Allyn & Bacon.
Hamruni. 2012. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Investidaya.
Hurrahman, Fat. 2008. Metode demonstrasi dan eksperimen [online] tersedia : http://undhiexzwordperss.com metode demonstrasi-daneksperimen/[download 15 januari 2014]
Kambe dkk. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Balingara Pada Materi Volume Kubus Dan Balok. Jurnal Kreatif Tadulako Vol. 5 No. 2.
Kasbollah, K.E.S. 1998. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta
Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Suprananto, Kusaeri .2013. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syaiful Bahri Djamarah.(1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada