PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE TALKING STICK PADA SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD, khususnya pada materi FPB dan KPK melalui penerapan model pembelajaran kooperatif talking stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rancangannya mengacu pada desain penelitin Kemmis dan Mc. Tagart, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gador 2 tahun pelajaran 2014/2015. Sebelum diterapkannya tindakan, pada ulangan harian ada 3 siswa (33,33%) yang mendapat nilai ≥65 dan pada hasil pretes ada 4 siswa (44,44%). Setelah diterapkannya tindakan, hasil tes siklus I ada 6 siswa (66,67%) dan pada siklus II ada 8 siswa (88,89%) dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Persentase aktivitas guru pada siklus I dan II adalah 88%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I-1 adalah 44%, I-2 adalah 58%, I-3 adalah 68%, I-4 adalah 72%, dan pada siklus II-1 adalah 84%, II-2 adalah 94%.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Heruman. (2007). Model Pendidikan Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Huda, Mitfathul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Ryan, T. G. 2013. The Soclarship of Teaching and Learning within Action Researh : Promise and Possibilities. i. e. : inquiry in education: Vol. 4 : Iss. 2, Article 3. Retrieved from: http://digitalcommons.ni.edu-/ie/vol4/iss2/3.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning : Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taty dan Bambang. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk peningkatan Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan matematika EkuivalenVol 19 No1: Universitas Muhammadiya Purworejo.