Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran CRH Berbantu Software Cabri 3D Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penerapan model pembelajaran CRH berbantu software cabri 3D terhadap kemampuan pemahaman konsep dan gaya belajar peserta didik. Ditinjau dari data dan analisisnya, jenis penelitian ini bersifat kuantitatif yang menggunakan metode Quasy Eksperimental Design.Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D dan kelas VIII F SMP 3 Muhammadiyah Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket gaya belajar. Analisis data menggunakan uji Anova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran CRH berbantu Software Cabri 3D terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Efektifitas penggunaan model pembelajaran CRH berbantuan software cabri 3D terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan gaya belajar peserta didik lebih baik dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran ceramah.
Keywords
Article Metrics :
References
Adelita, Fitria, Achi Rinaldi, and Fredi Ganda Putra. 2021. The Effect of Hypnoteaching Learning Method on Students Problem- Solving Skills and Concept Understanding. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 5 (1): 4956.
Ariani, Yuli, Rahmah Johar, and Marwan Marwan. 2019. Penggunaan Software Cabri 3D Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Peluang 7 (2): 1121. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.13695.
Ariyana, Nabila, and Fredi Ganda Putra. 2021. SiMaYang Type II Learning Model Assisted by Kahoot Application: Its Impact in Improving Students Concept Understanding Based on Apos Theory. Online Learning in Educational Research 1 (1): 1723.
Asma, Nurul, M Ikhsan, and Hjidin. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) Berbantuan Cabri 3D. Jurnal Peluang 7 (1): 8693.
Azzahra, Hanani, Mazlan, and M Zaiyar. 2020. Pengaruh Animasi Bergerak Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XII Di SMAN 1 Langsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI 4 (2): 12833.
Batubara, Ismail Hanif, Indah Purnama Sari, and Nur Afifah. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Cabri 3D Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Masa PandemiC COVID. Jurnal EduTech 7 (1): 11418.
Benny, Hendriana. 2019. Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cabri 3D Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8 (1): 11220.
Chilmi, Fina Idamatul, Ibnu Sina, and Wikan Budi Utami. 2019. The Effectiveness of Course Review Horay Learning Model with Adobe Flash Assistance to See Interests Aad Abilities. Mathematics Education Journals 3 (2): 8999.
Devina, Nadia, Arya Putri, and Abdul Salim. 2017. The Effectiveness Of The Use Of Course Review Horay (CRH) Methods To Improve Numeracy Division Skill Of Children With Mild Mental Retardation In SLB Negeri Surakarta, Indonesia Year 2016/2017. European Journal of Special Education Research 70 (3): 3242. https://doi.org/10.5281/zenodo.252956.
Fiani, Rizki, Sudargo, and Widya Kusumaningsih. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran ATI Dan CRH Menggunakan Strategi Guided Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 3 (5): 38896.
Halidin, and Ansar. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9 (4): 106775.
Hasibuan, Lily Rohanita. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay ( CRH ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII SMP Negeri Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS) 5 (1): 1115.
Hendrowati, T. Y., and Sunanto, R. F. 2021. Numeracy and literacy skill in elementary school students: The utilization of kampus mengajar perintis program. Desimal: Jurnal Matematika 4(3): 365-372.
Huda, Syamsul, Lusi Anggraini, Rizka dwi Saputri, Muhamad Syazali, and Rofiqul Umam. 2019. Learning Model To Improve The Ability To Understand Mathematical Concepts. Prisma 8 (2): 17381.
Istithoah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Berbantuan Software Cabri 3D Dan Prezi Dengan Teori Konstruktivisme Pada Kubus Dan Balok. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 7 (2): 1023.
Jaenudin, Hepsi Nindiasari, and Aan Subhan Pamungkas. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1): 6982.
Kartono, Salisatul Apipah. 2017. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Vak Dengan Self Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research 6 (2): 14856.
Khansa, Shabrina Lini, Ikrar Pramudya, and Yemi Kuswardi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Strategi Arias Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) 2 (4): 25972.
Kus Andini Purbaningrum. 2017. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. JPPM 10 (2): 4049.
Lestari, Indah, Yuan Andinny, and Witri Lestari. 2021. Kemampuan Representasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay. Majamath : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 4 (2): 10412.
Maryam, Siti, and Abd Hamid. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Persegi Panjang Di Kelas VII SMP Negeri 2 Marawola. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako 4 (1): 11630.
Matussolikhah, Rindiani, and Brillian Rosy. 2021. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan 2 (2): 22536.
Muhandaz, Ramon, Ovi Trisnawita, and Risnawati. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. Journal for Research in Mathematics Learning 1 (2): 13746.
Nurapriani, Fitria, Santi Arum, Puspita Lestari, and Dwi Sulistya Kusumaningrum. 2020. Mathematical Understanding Ability Of Information System Students In Discrete Mathematics. International Journal of Scientific & Technologiy Research 9 (03): 333539.
Pratama, Bunga Chika. 2019. Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Di Tinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 3 (2): 8488.
Pratama, G H Andika, Ndara Tanggu Renda, and Ketut Pudjawan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran CRH Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal for Lesson and Learning Studies 1 (1): 5263.
Priatna, N. 2017. Students Spatial Ability through Open-Ended Approach Aided by Cabri 3D Students Spatial Abili Ty through Open-Ended Approach Aided by Cabri 3D. Journal Of Physics : Conference Series.
Puspitaningrum, Nimas Putri Dewi, and Widinda Normalia Arlianty. 2019. Learning Chemistry Using Course Review Horay ( CRH ) Model Toward Students Learning Activity X Grade at SMA Negeri 1 Muntilan In Nomenclature Name of Chemical Compounds Materials. International Journal of Chemistry Education Research (IJCER) 3 (1): 4348. https://doi.org/10.20885/ijcer.vol3.iss1.art.
Rezeki, Sri, Bayu Jaya Tama, and Rezkiyana Hikmah. 2019. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Penggunaan Cabri 3D. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 14.
Rizaldi, Dedi Riyan, Muh Makhrus, and Aris Doyan. 2019. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Perubahan Konseptual Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 5 (2011): 7481.
Sari, L P, M Handika, E Rosita, B S Anggoro, and F G Putra. 2019. The Flipped Classroom Strategy Using Learning Video : Applied toward the Ability to Understand Mathematical Concept. Journal of Physics: Conf. Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012088.
Setiyawan, Hery, and Abdillah. 2019. Course Review Horay (CRH) Learning Model To Improve Mathematical Learning Outcomes Of Integers Material. Matematika Dan Pembelajaran 7 (2): 3141.
Wahyuni, Tri, Bambang Sri Anggoro, and Komarudin. 2019. Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model WEE Dengan Strategi QSH Ditinjau Dari Self Regulation. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8 (1): 6572.
Wahyuningtyas, Cyntya Dwi. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay ( CRH ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kelas OTKP SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8 (2): 34050.
Widiawati, Siska, Hikmawati, and Wahyudi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 4 (1): 4048.