EKSPERIMENTASI METODE JARIMATIKA MODERN TONTALKOG BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Wisda Miftakhul 'Ulum
Maylita Hasyim


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.209

Abstract


Metode TonTalKOG merupakan pengembangan dari metode jarimatika modern yang berguna meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa Sekolah Dasar dalam menyetarakan satuan berat. Dalam penelitian ini metode TonTalKOG dikembangkan dengan multimedia Macromedia Flash, dengan harapan pemanfaatan media interaktif ini dapat meningkatkan motivasi dan antusiasme siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efeketivitas metode TonTalKOG berbasis multimedia terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode statistika yang digunakan yaitu metode uji-t dua sampel dependen (paired sample t-test), dimana metode ini menggunakan data pengamatan sebelum dan sesudah sampel diberi perlakuan. Hasil uji-t dua sampel dependen menyimpulkan bahwa metode TonTalKOG berbasis multimedia efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dimana nilai tobs lebih besar dari nilai ttabel atau nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α=0,05. Pengembangan metode jarimatika modern ini diharapkan dapat dijadikan sebagai langkah awal dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Keywords


pendidikan dasar, jarimatika modern, TonTalKOG

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ahmadi, Abu, dkk. 2005. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Prasetyo, Dwi Sunar, dkk. 2008. Pintar Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Rahmawati, Dewi. 2007. Islam dan Kreatifitas Guru dalam Metode Pembelajaran. Malang: Masjidal IIM

Sadiman, Arif. 2007. Media Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Depdikbud

Sadiman, Arif. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Sholihin. 2013. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press

Soedomo, A. Hadi. 2008.Pendidikan: Suatu pengantar. UNS Press,Surakarta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2010. Belajar dan Pembelajaran Modul 3 Motivasi dalam Pembelajaran.Jakarta Pusat: Universitas Terbuka

Zainal, Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Krama Widy