ANALISIS BERPIKIR KONSEPTUAL, SEMIKONSEPTUAL DAN KOMPUTASIONAL SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Muhammad Ilman Nafi'an


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.208

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berpikir siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian yaitu 9 siswa SD Khadijah Surabaya dari ketiga tipe kemampuan matematika berdasarkan hasil uji tes 1 dan uji tes 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa dari kelompok atas cenderung berpikir konseptual dalam menyelesaikan soal cerita dan siswa dari kelompok tengah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan cenderung pada proses berpikir semikonseptual. Sedangkan proses berpikir siswa dari kelompok bawah dalam menyelesaikan soal soal cerita pada materi pecahan cenderung pada proses berpikir komputasional.

Keywords


proses berpikir, konseptual, semikonseptual dan komputasional

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


De Lange, J. (1987). Mathematics insight and meaning. Utrecht: OW & OC

Eka, Kharisma. 2008. Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita di SMU Kelas X.

Gravemajer (1994) K.P.E Devoleping Realistic Mathematic Education, Ultrech Fruedental Instutue.

Hudojo, (1988), Mengajar Belajar Matematika, Depdikbud.LPTK

Marpaung (1988) Proses Berfikir Siswa Dalam Konsep Pembentukan Konsep Algoritma Matematis. Makalah

R. Soedjadi, (2000). Kiat-Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Traffers. (1987) Three dimensions a model of goal theory description in mathematics education. Dordrecht: Reid Wiscobas project

Zuhri D, (1998) “Proses Berpikir Siswa Kelas II SMPN Pekanbaru dalam Menyelesaikan Soal-Soal Perbandingan Berbalik Nilai”, Tesis Sarjana Pendidikan.