KORELASI RESPON SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Handono Handono


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.207

Abstract


Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk memudahkan siswa dalam belajar matematika adalah dengan menggunakan media pembelajaran Audio Visual. Judul dalam penelitian ini sebagai berikut: Korelasi Respon Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Luas Tabung Di Kelas IX SMP Islam Surabaya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif non parametris dengan menggunakan analisa data korelasi Spearman Rank untuk pengujian Hipotesis. Sampel dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Islam Surabaya yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Audio Visual (X) dengan prestasi belajar (Y) siswa kelas IX SMP Islam Surabaya dan dari hasil penghitungan statistik nilai korelasinya positif dan lebih besar dari 5% yaitu 0,968 maka dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi yang signifikan.

Keywords


media pembelajaran audio visual, prestasi belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abin Syamsudin, Makmun. 2003. Pikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja Andriani, Y. (2006). Pengembangan Media Audiovisual Berbentuk VCD Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Biofisika II Di Program Studi Fisika FMIPA Universitas Bengkulu. Bengkulu: TPSDP-P2AP UNIB.

Ardhana, W. 1990 “Media stimulasi and Types of learning”. Selecting Media for Learning, Washington D.C. Association for Education Communication and technology

Arikunto, Suharsimi.2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

_______.2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi aksara

Arsyad, A.2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar.Jakarta:PT. Rineka Cipta

Dimiyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Gagne, Atkin, M. 1986. Effective Teaching in Higher Education. Methuen: London

Gerlach, Vernon S., and Donald P. Ely, 1971, Teaching and media: Asysmatic approach, Prentice Hall, Englewood Cliffs, N.J

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan, Bandung: PT. Citra Aditya Bhakti

__________.1997. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito Haryoko, Sapto. Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi@ Elektro 5.1 (2012).

__________.2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono, 2008. Statistik Non Parametris. Bandung: CV. ALFABETA

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Underwood, Mary. 2000. Pengelolaan Kelas Yang Efektif. Terjemahan: Susi Purwoko. Jakarta : Arcan

Winatapura, Udin S. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group