DIAGNOSIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI STRUKTUR ALJABAR DAN SCAFFOLDING BERDASARKAN MAPPING MATHEMATICS

Novita Eka Muliawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.204

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam memahami mata kuliah struktur aljabar (2) mendeskripsikan scaffolding yang sesuai untuk mengatasi kesulitan mahasiswa dalam memahami mata ajar struktur aljabar.Penelitian kualitatif deskripstif ini dilakukan dengan metode tes dan wawancara dengan subjek 6 mahasiswa terpilih dari 65 mahasiswasemester VI Prodi Pendidikan matematika STKIP PGRI Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.Kriteria pemilihan subjek penelitian didasarkan pada nilai UTS pada mata kuliah Struktur Aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam memahami mata kuliah struktur aljabar yaitu kurang memahami konsep materi terdahulu, kurang mampu membuat contoh secara umum, dan masih terbiasa berpikir dan menyelesaikan masalah secara prosedural. Sedangkan cara mengatasinya yaitu menggunakan scaffolding berdasarkan mapping mathematics. Adapun deskripsi tentang scaffoldingnya meliputi explaining, reviewing, restructuring, dan developing conceptual thinking.

Keywords


diagnosis, scaffolding, struktur aljabar, mapping mathematics

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Anderson, dkk. 2011. Tracking Children’s Mental State while Solving Algebra Equations. Human Brain Mapping, 33 (11): 2650-2665.

Anghileri, Julia. 2006. Scaffolding Practices that Enchance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9: 33-52.

Beachy, J.A. dan Blair, W.D. 1996.Abstract Algebra ed. Illinois : Waveland Press, Inc.

Charters, E. 2003. The Use of Think-aloud Methods in Qualitative Research An Introduction to Think-aloud Methods. Brock Education, 12 (2):68-82.

Eisenmann dan Otten.Mapping Mathematics in Classroom Discourse.Journal forResearch in Mathematics Education, Vol. 42, No. 5, pp. 451-485.

Ewing Mc Mahon, Bronwyn. 2000. Scaffolding: A Suitable Teaching Characteristic in One-to-One Teaching in Math Recovery. Proccedings Mathematics Education Beyond 2000.

Findell, B. R. 2001. Learning and Understanding in Abstract Algebra. Unpublished, PhD Thesis.University of New Hampshire.

Jafar.2013. Membangun Pemahaman yang Lengkap (Completely Understanding) dalam Pembelajaran Konsep Grup.KNPM V Himpunan Matematika Indonesia.

Khanifah.2011. Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Procedural Bentuk Pangkat Bulat Dan Scaffoldingnya. PPS UM: Tidak diterbitkan.

Kolikant, Y.B-D, dan Broza, Orit. 2011. The Effect of Using a Video Clip Presenting a Contextual Story on Low-Achieving Students Mathematical Discourse. Educational Studies in Mathematics, Volume 76, Issue 1, pp 23-47.

Mustaqim. 2013. Proses Scaffolding Berdasarkan Diagnosis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Dengan Menggunakan Mapping Mathematics. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Rahmawati, Ria. 2012. Penelusuran Kesalahan Siswa Dan Scaffolding Dalam Penyelesaian Bentuk Aljabar. PPS UM: Tidak diterbitkan

Widdiharto, Rachmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Prosess Remidinya. Jakarta: Depdiknas Direktorat PMPTK PPPG Matematika.