Profil kreativitas siswa melalui pembelajaran matematika realistik siswa kelas XI SMAN 1 Tulungagung

Wayan Rumite
Lina Tri Wahyuni
Tomi Listiawan


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1750

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa yang terbagi menjadi kreatif, kurang kreatif, dan tidak kreatif.. Kreativitas merupakan kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang bersifat baru (novel), berguna, dan dapat dimengerti (understandable). Klasifikasi kreativitas siswa diberikan pada siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Tulungagung yang diberi perlakuan pembelajaran matematika realistic (RME). RME mencerminkan pandangan matematika tertentu mengenai bagaimana anak belajar matematika dan bagiamana matematika harus diajarkan. Data yang didapatkan berupa kalimat deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah metode perbandingan tetap (constant comparative method) yang dikemukakan oleh Glaser dan Strauss. Hasil dari penelitian ini siswa yang kreatif mampu menjawab soal secara rinci dan sistematis serta dapat memberikan alasan.

Keywords


kreativitas; RME; metode perbandingan tetap

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Alimuddin, H., & Trisnowali, A. (2018). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 169182.

Efrida Muchlis, E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Program Studi Pendidikan Matematika dengan judul.

Kartiwa, I. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis. Program Magister Pendidikan Matematika.

Laili, J., & Puspasari, R. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 4(2), 110.

Musa, L. A. D. (2016). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare-Pare. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan ALam, 4(2), 103116.

Pertiwi, E. V. J. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Moyudan Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Materi Garis-Garis Pada Segitiga Menurut Teori Van Hiele. Retrieved from https://repository.usd.ac.id/11687/2/121414081_full.pdf

Santia, I. (2015). Cara Berpikir Geometris Siswa Dalam Menentukan Hubungan Antar Bangun Segiempat Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Didasarkan Pada Tingkat Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2).

Sholihah, S. Z. & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa, 6(2).

Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi Dalam Pemecahan Masalah Matematika (Syahlan) ISSN 2407-8530. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6).

Usdiyana, D. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Dosen Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).

Wijayanti, S. (2016). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X.7 SMa Negeri 1 Pulokulon. Magistra.

Windayana, H. (n.d.). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis, Kreatif, dan Kritis, Serta Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. mengapa.

Yuli Eko Siswono, T. (n.d.-a). Desain Tugas untuk Mengidentifikasi kemampuan berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Yuli Eko Siswono, T. (n.d.-b). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurusan Matematika FMIPA Unesa.