Eksplorasi etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung

Tety Dwi Jayanti
Ratih Puspasari


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1748

Abstract


Etnomatematika merupakan hubungan yang menjembatani antara matematika dengan budaya, etnomatematika mangakui adanya cara-cara yang berbeda dalam menerapkan matematika dalam kehidupan atau aktivitas msyarakat. Candi Sanggrahan yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan ikon Tulungagung lainnya tanpa disadari terdapat etnomatematika yang sangat jarang diketahui orang. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan cara eksplorasi dan pendekatan etnografi, dikarenakan penelitian ini dilakuan pada kondisi yang alami. Pengambilan data, peneliti menggunakan observasi, dokumentasi di lingkungan Candi Sanggrahan Tulungagung, studi literatur, dan juga wawancara kepada subjek yang mengelola Candi Sanggrhan Tulungagung. Hasil yang diperoleh adalah terdapat kaitan antara Candi Sanggrahan Tulungagung dan matematika hanya pada bentuk fisik candi. Konsep matematika yang ada di bentuk fisik Candi Sanggrahan Tulungagung adalah geometri bangun datar, bangun ruang, garis dan sudut, kesebangunan dan kekongruenan, dan juga transformasi geometri.

Keywords


eksplorasi; etnomatematika; candi sanggrahan tulungagung

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ari, F., & Kunci, K. (2015). Representasi Simbol Candi Hindu Dalam Kehidupan Manusia: Kajian Linguistik Antropologi, 16(2), 1220.

Fitriani, S.(2018).Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Jambi Kota Seberang. Jurnal Of Medives, 2(2), 145149.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99110.

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia- Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Penelitian Pendidikan, 13(1), 14

Indriyani, S. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada aksara lampung. Tesis.

Maure, Dkk, O. P. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Tarian Caci Masyarakat Manggarai Nusa Tenggrara Timur. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340347.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Jurnal Mathedunesa, 1(18).

Resnandari, E., & Astuti, P. (2014). Upaya Mengurangi Perilaku Hiperaktif dan Implusive Melalui Penerapan Variasi Terapi Permainan Di Sela Pembelajaran Pada Siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Kelas III-A SLB Autis Alamanda Surakarta. Jurnal Paedagogy, 1(1), 113.

Riza, I. (2018). Estetika Hindu pada Perwujudan Ornamen Candi di Jawa. IMAJI, 16(2), 155161.

Safel, A.Y. (2017). Studi Etnomatematika Pada Anyaman Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar Sukabumi. Tesis.

Siregar, N. C.(2015). Pengaruh Pendekatan Discovery yang Menekankan Aspek Analogi Terhadap Prestasi Belajar Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional Spiritual. Riset Pendidikan Matematika, 2(November), 224234.

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif, 5(3), 210219.

Wahyuni, Dkk, A. (2017). Etnomatematika Dalam Ragam Hias Melayu. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113118.

Wikipedia, I. (2010). Pengertian Budaya atau Kebudayaan, 117.

Zaenuri. (2018). Menggali Etnomatematika : Matematika Sebagai Produk Budaya. Jurnal Prisma 1, 1(1), 471476.

Zulkifli, M. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2).

http://seputarpengertian.blogspot.com/2018/07/pengertian-eksplorasi-serta- tujuannya.html

https://jelajahnusantara.co/2017/10/secuwi

l-sejarah-singkat-candi-sanggrahan

Tarwanto, I.(2014/2015). Laporan Pemugaran Candi Sanggrahan Tahun 2014/2015. BPCB Mojokerto Wilayah Jawa Timur.