Penerapan pendekatan Brain Based Learning (BBL) terhadap kemampuan kecerdasan adversitas siswa kelas XI IPA SMA 1 Tulungagung

Lathifaturrahmah Lathifaturrahmah

Abstract


Penelitian ini menggunakan data berupa hasil pengisisan angket kecerdasan adversitas siswa yang akan dianalisis menggunakan uji ARP. Hasil dari ARP dianalisis dan digunakan untuk membuktikan kebenaran dari hipotesis yang telah ditentukan oleh peneliti. Sesuai karakteristik datanya penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah ekperimen dimana pemilihan sampel dari populasi dipilih secara random sebanyak 2 kelas XI IPA SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019. Dimana 2 kelas tersebut diberi perlakuan yang berbeda. Kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional, sedangkan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan pendekatan Brain Based Learning. Perlakuan selanjutnya, kedua kelas tersebut diberikan perlakuan yang sama dengan pemberian angket kecerdasan adversitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Brain Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan kecerdasan adversitas siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tulungagung

Keywords


Brain Based Learning; Kecerdasan Adversitas

Full Text:

PDF

References


Wahyuddin, W. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Verbal. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148–160. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2213

Sma, S. S. (2016). Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi The Effect of Brain-Based Learning Approach toward the Mathematical Communication Ability and Self-Efficacy of Senior High School Students, 11, 11–24

Stoltz, P.G. 2007. Adversity Quetient : Mengubah Hambatan Menjadi Peluang ( Terjemahan T. Hermaya:Ed. Yovita Hardiawati). (Cetakan ketujuh). Jakarta : PT. Grasindo

Sapitri, Yesi, Citra Utami, and Mariyam Mariyam. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Minat Belajar.” Variabel 2(1):16–23

Sa’adah, Ulfatus and Jati Ariati. 2018. “Hubungan Antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) Dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang.” Empati 7(1):69–75

Karim, Asrul. 2011. “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah.” Jurnal Penelitian Pendidikan 1:21–32.

Kartiwi, Desak Putu. n.d. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Bakat Numerik Dan Kecemasan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kuta.” Jurnal Pendidikan Matematika 1–11

Subrata. (2016). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi listrik statis untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(April), 72–78.

Hajeniati, N., & Hasnawati. (2014). Perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP negeri 1 Lambuya. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 96– 113.

Trizulfianto, Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Pendidikan Matematika, 5(2)

Hajeniati, N., & Hasnawati. (2014). Perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP negeri 1 Lambuya. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 96– 113.

Trizulfianto, Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Pendidikan Matematika, 5(2)

Bednarz, N., et al. 1992. “Arithmetical and Algebraic Thinking in Problem- Solving.” In Proceedings of the 16th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (PME-16).

Permatasari, Neng Yani and Akhmad Margana. 2014. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Dengan Model Pembelajaran Treffinger.” Mosharafa 3(1):31–42




DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i1.1737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lathifaturrahmah Lathifaturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
ISSN: 2580-3263 (Online) | 2460-7800 (print)
Published by
Prodi Pendidikan Matematika
Universitas Bhinneka PGRI 

in collaboration with
the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/index
Email : jp2m@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.