Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan metakognisi siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.
Al-Muwattho, F. P. (2018). Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Pada Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24076/75676575771
Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117.
Ayu, D. . (2014). Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. JMP:Jurnal Matematika Pendidikan, 6(2), :115-125.
Cronbach, L. (1963). Educational Psychology. New York: Harcourt, Brace & World, Inc.
Huzaipah, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
James O, W. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Jannah, Miftakhul, Triyanto & Henny, E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa Pada Materi Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1).
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116-126.
Mutoharoh, S. (2018). Penggunaan Media Benda Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Ii Di MI MA Arif Nu Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Nurbeda. (2015). Urgensi Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah (PR) dalam Meningkatkan Tanggungjawab Belajar Siswa. Nur El-Islam : Jurnal Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI), 2(1), 113121. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/226428/urgensi-pemberian-tugas-pekerjaan-rumah-pr-dalam-meningkatkan-tanggung-jawab-bel
Puryati, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu pada Setiap Pertemuan. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu Pada Setiap Pertemuan. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 6(2), 192201.
Rusdiyana, E., Tarpsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Media Permainan Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. Kadikma, 9(1), 5260.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedu). Jakarta: Kencana.
Swartz, R. J., & Perkins, D. N. (1990). Teaching thinking (Issues and). Pacific Grove: CA: Midwest Publications.
Tahir, F., Kodirun, Rahmad, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 116.
Tiasto, R. H., & Arliani, E. (2015). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan Metode Two Stay Two Stray. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 5(4), 11911198. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/issue/view/440
Wahyuningsih, W. S. (2019). Penerapan Metode Latihan Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 149155. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index