Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan metakognisi siswa

Miftachul Choridha
Sri Hariyani
Nur Farida


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i2.1735

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pembelajaran MMP mempengaruhi kemampuan metakognisi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one shoot chase study. Populasinya seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Malang dengan sampel 1 kelas yaitu kelas IX-G yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa adalah dengan menggunakan data sekunder berupa hasil UTS dan data primer berupa tes berbentuk essay yang diberikan setelah penerapan model pembelajaran MMP. Hasil analisis data sekunder diperoleh dengan rataan 65,78 dan data primer diperoleh dengan rataan 77,97. Data dianalisis menggunakan uji T bantuan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan uji T yang dilakukan diperoleh thitung> ttabel yaitu 7,043 > 1,697 dengan angka signifikansi sebesar 0,000 dan taraf signifikansi 0,05. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model MMP terhadap kemampuan metakognisi siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 2 Malang. Kemampuan metakognisi dapat meningkat dengan banyaknya latihan soal yang diberikan salah satunya dengan penerapan model pembelajaran MMP karena adanya tugas proyek. Dari hasil temuan ini peneliti merekomendasikan kepada guru agar model pembelajaran MMP dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika.

Keywords


Kemampuan Metakognisi; Missouri Mathematics Project (MMP)

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Al-Muwattho, F. P. (2018). Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Pada Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24076/75676575771

Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117.

Ayu, D. . (2014). Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. JMP:Jurnal Matematika Pendidikan, 6(2), :115-125.

Cronbach, L. (1963). Educational Psychology. New York: Harcourt, Brace & World, Inc.

Huzaipah, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

James O, W. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jannah, Miftakhul, Triyanto & Henny, E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa Pada Materi Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1).

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116-126.

Mutoharoh, S. (2018). Penggunaan Media Benda Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Ii Di MI MA Arif Nu Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Nurbeda. (2015). Urgensi Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah (PR) dalam Meningkatkan Tanggungjawab Belajar Siswa. Nur El-Islam : Jurnal Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI), 2(1), 113121. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/226428/urgensi-pemberian-tugas-pekerjaan-rumah-pr-dalam-meningkatkan-tanggung-jawab-bel

Puryati, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu pada Setiap Pertemuan. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu Pada Setiap Pertemuan. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 6(2), 192201.

Rusdiyana, E., Tarpsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Media Permainan Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. Kadikma, 9(1), 5260.

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedu). Jakarta: Kencana.

Swartz, R. J., & Perkins, D. N. (1990). Teaching thinking (Issues and). Pacific Grove: CA: Midwest Publications.

Tahir, F., Kodirun, Rahmad, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 116.

Tiasto, R. H., & Arliani, E. (2015). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan Metode Two Stay Two Stray. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 5(4), 11911198. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/issue/view/440

Wahyuningsih, W. S. (2019). Penerapan Metode Latihan Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 149155. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index