Analisis metakognisi dalam penyelesaian masalah matematika ditinjau dari tingkat kemampuan matematika

Siti Aufa Rizqiani
Diesty Hayuhantika


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1734

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan metakognisi siswa kelas XI IPA dalam penyelesaian masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif , sedangkan metode untuk mengumpulkan data antara lain: tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa siswa berkemampuan tinggi termasuk dalam tingkat metakognisi semi-reflective use. Ia mampu melaksanakan aktivitas metakognisi (perencanaan, memantauan dan penilaian) dalam empat langkah Polya. Siswa berkemampuan sedang termasuk dalam tingkat metakognisi strategic use, sedangkan siswa berkemampuan rendah termasuk dalam tingkat metakognisi aware use.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumetica (Online), 1(1). Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=11833&val=870

Asih, T. S. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Segi Empat Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Klaten. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. LEMMA (Online), 2(1). Retrieved from http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal-lemma/article/view/523

Mahromah, L. A. (2013). Identifikasi Tingkat Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika. Junal Pendidikan (Online), 2(1).

Moeleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muliawati, N. E. (2017). Profil Metakognisi Siswa Field-Independentdan Field-Dependent Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JP2M, 3(1). Retrieved from http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/issue/viewIssue/37/44

Musa, L. A. D. (2016). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare-Pare. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan ALam, 4(2), 103116.

Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi Dalam Pemecahan Masalah Matematika (Syahlan) ISSN 2407-8530. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6).

Theresia. (2012). Penerapan model pembelajaran langsung dalam mata pelajaran matematika SMP/MTs. PPPPTK Matematika.