PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN DASAR

Vertika Panggayuh


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v2i1.228

Abstract


Faktor kesuksesan seorang mahasiswa di masa depan ditentukan oleh bagaimana perkembangan seluruh aspek dirinya, yaitu perkembangan fisik, kognitif/intelektual, emosi, dan spiritual yang berkembang secara optimal. Oleh karena itu, seseorang harus memiliki kesadaran tentang kemampuan berpikirnya sendiri serta mampu untuk mengaturnya.Para ahli mengatakan kemampuan ini disebut dengan metakognitif.Mata kuliah yang menuntut mahasiswa berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah mata kuliah pemrograman dasar.Pemrograman dasar merupakan mata kuliah yang mempelajari bagaimana memahami dan menganalisa suatu masalah, kemudian berfikir secara urut dan sistematis (algoritmik) untuk memecahkan permasalahan dan mewujudkannya dalam bentuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. Matakuliah ini  merupakana matakuliah utama yang akan menjadi pengantar keberhasilan mahasiswa untuk meraih kompetensi utama.                Penelitian ini menguji pengaruh kemampuan metakognitif terhadap prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah pemrograman dasar.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi semester 2 STKIP PGRI Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017 dengan total populasi adalah 50 orang. Sampel penelitian adalah sebanyak jumlah populasi. Pemilihan sampel dengan menggunakan probability sampling, artinya penarikan sampel didasarkan atas pemikiran bahwa keseluruhan tingkatan kelas memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi akademik pada mata kuliah pemrograman.Kemampuan metakognitif dapat membantu mengembangkan kemampuan manajemen berpikir yang baik sehingga menunjukkan prestasi akademik yang baik pula dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki kemampuan metakognitif rendah.

Full Text:

PDF

Article Metrics :