Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017
Abstract
Peran penting guru, yang merupakan tenaga pengajar pada lembaga pendidikan sangatlah nyata, sehingga dapat dikatakan bahwa posisi guru tidak dapat digantikan oleh siapapun. Dipandang dari dimensi pembelajaran, peran guru dalam masyarakat Indonesia tetap dominan sekalipun teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran perkembangannya sangat pesat. Dari hasil penelitian ini peranan guru dalam meningkatkan nilai-nilai pancasila bagi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pakel tahun ajaran 2016-2017 adalah baik. Peranan guru dalam meningkatkan nilai-nilai pancasila bagi siswa SMA Negeri 1 Pakel adalah cukup baik, secara umum dapat disimpulkan bahwa peranan guru dalam meningkatkan nilai-nilai pancasila pada siswa SMA Negeri 1 Pakel Tahun ajaran 2016-2017 adalah baik. Dengan kata lain bahwa guru telah mengaplikasikan peranannya dengan baik dalam meningkatkan nilai-nilai pancasila pada siswa SMA Negeri 1 Pakel Kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2016-2017.