Peningkatan Kemampuan Menghargai Nilai-Nilai Juang Dalam Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara Melalui Pendekatan Nyata Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui pendekatan pembelajaran nyata pada standar kompetensi menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara siswa kelas VI SDN Joresan Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran nyata dapat meningkatkan aspek psikomotor dan aspek kognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan pokok bahasan menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara siswa kelas VI SDN Joresan Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2017/2018.