Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Cooperative Learning Dengan Teknik Dua Tinggal Dua Tamu Pada Siswa Kelas IV-B SDN Pucang I Tahun Pelajaran 2016/2017

Muji Sancoyo


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v4i2.1002

Abstract


Metode Cooperative Learning adalah pendekatan pembelaajran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Struktur Dua Tinggal Dua Tamu memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain. Tujaun penelitiann ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn melalui penerapan metode Cooperative Learning dengan  teknik Dua Tinggal Dua Tamu pada siswa kelas IV-B  SDN Pucang I  Kecamatan Sidoarjo  Kabupaten Sidoarj . Penelitian dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2016/2017  yaitu pada bulan Januari – Juni 2017  di SDN Pucang I  Kecamatan Sidoarjo  Kabupaten Sidoarjo  dengan subjek siswa kelas IV-B  sejumlah 38 siswa terdiri dari 21 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus meliputi : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Cooperative Learning dengan teknik Dua Tinggal Dua Tamu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV-B  SDN Pucang I Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dibuktikan pada masing-masing siklus., yaitu peningkatan nilai hasil belajar siswa pada post tes pada kategori sangat baik dan baik 18,4% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 31,6% berarti ada peningkatan sebesar 13,2%. Demikian pula ketuntasan klasikal mengalami peningkatan dari 84,2% pada siklus I menjadi 92,1% pada siklus II. Ini berarti ada peningkatan sebesar 7,9%.

Full Text:

PDF

Article Metrics :