Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kerjasama Negara-Negara Asean Dengan Media Jaring Laba-Laba Menggunakan Model Jigsaw Pada Siswa Kelas VI-B SDN Pepelegi I Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

Bambang Guridno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan  hasil belajar PKn materi  Kerjasama negara-negara di Asia Tenggara melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning model Jigsaw dengan bantuan alat peraga jaring laba-laba pada siswa  kelas VI-B  SDN Pepelegi I  Kecamatan Waru  Kabupaten Sidoarjo . Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI-B  SDN Pepelegi I  Kecamatan Waru  Kabupaten Sidoarjo . Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2017. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI-B  yang berjumlah 21 orang peserta didik terdiri dari 9 laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus meliputi : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi penggunaan pembelajaran model Jigsaw dengan media jaring laba-laba Materi  Kerjasama Negara-negara Asean dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa. Dari nilai rata-rata 74,2 pada siklus I, menjadi 82,4 pada siklus II, sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I 76,2% menjadi 95,2% pada siklus II. Prestasi belajar siswa juga dapat meningkat dengan penggunaan media jaring laba-laba yang memmberikan gambaran lebih nyata terhadap subjek pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v4i2.1001

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jr.v4i2.1001.g496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rontal and Author



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.