MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS RISET PADA MATAKULIAH EKONOMI MIKRO DI PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN EKONOMI PASCASARJANA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Dr. Roro Forijati, M.M.


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v4i1.1035

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan model pembelajaran berbasis riset yang digunakan dalam proses belajar mengajar, 2) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah ekonomi mikro 3) mendeskripsikan persepsi mahasiswa penggunaan model pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah ekonomi mikro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif eksplanatif, subyek yang digunakan adalah mata kuliah ekonomi mikro yang ditempuh mahasiswa di semester genap 2017/2018. Metode pengumpulan data dengan observasi, depth interview, angket dan analisis dokumen. Validasi data dengan menggunakan triangulasi.  Hasil dari penelitian ini adalah: 1)model pembelajaran berbasis riset yang digunakan adalah dengan pelibatan mahasiswa secara aktif dalam setiap proses pembelajaran dengan materi yang dihubungkan dengan hasil penelitian. 2) model pembelajaran berbasis riset menggunakan langkah-langkah yang sistematis dan terukur tiap sintaknya. 3) mahasiswa beranggapan bahwa pembelajaran berbasis riset sangat efektif dalam perkuliahan ekonomi mikro

Article Metrics :