EFEKTIVITAS MODEL CPS BERBANTUAN LIVEWORKSHEET TERHADAP LITERASI STATISTIK SISWA SMP KELAS VIII

Olivia Shinta
Arief Agoestanto
Putriaji Hendikawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8706

Abstract


Riset dilaksanakan dengan tujuan menilai efektivitas penerapan model pembelajaran CPS yang dipadukan penggunaan Liveworksheet untuk meningkatkan literasi statistik siswa. Metode yang digunakan pendekatan kuantitatif, melibatkan dua kelas VIII MTs Nurul Huda Semarang sebagai responden penelitian. Kelas VIII C ditetapkan kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran berbasis model CPS dengan dukungan Liveworksheet, sedangkan kelas VIII D menjadi kelompok kontrol yang menggunakan model PBL. Pengukuran literasi statistik dilakukan dengan pengukuran sebelum dan sesudah pembelajaran. Berdasarkan analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam literasi statistik dalam kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok tanpa perlakuan. Fakta ini didukung oleh hasil uji-t yang mengungkapkan adanya perbedaan signifikan antar kelompok, serta hasil analisis N-Gain yang menggambarkan adanya peningkatan kemampuan belajar. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa integrasi model CPS dengan media Liveworksheet efektif digunakan sebagai upaya untuk menumbuhkan literasi statistik peserta didik.

Keywords


Creative Problem Solving; Liveworksheet; Literasi Statistik

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Agoestanto, A., & Masitoh, S. (2020). Mathematical creative thinking ability viewed from students’ learning interest and adversity quotient through creative problem-solving learning model. Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1918/4/042074

Amalia, F., Wildani, J., & Rifa’i, M. (2020). Literasi Statistik Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 1. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5626

Aziz, A. M., & Rosli, R. (2021). A systematic literature review on developing students’ statistical literacy skills. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012102

Chrisnawati, N., Amalia Rosowulan Pendidikan Matematika, R., & Kusuma Negara, S. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II PMAT 021 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Segitiga melalui Metode Creative Problem Solving.

Dewi, K. R., Usodo, B., & Wulandari, A. N. (2021). PROFIL LITERASI-STATISTIK SISWA SMP NEGERI 2 SURAKARTA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, 5(5). https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v5i5.59032

Erayani, L. G. N., & I Nyoman Jampel. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 248–258. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48525

Fitri, I., Setyaningrum, W., & Pulungan, D. A. (2023). FENOMENA LITERASI STATISTIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA DI LHOKSEUMAWE ACEH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1927. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7000

Giri Prawiyogi, A., Wulan Anggraeni, S., Ginanjar Rahayu, T., Buana Perjuangan Karawang, U., & Barat, J. (2020). PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (Vol. 4, Issue 1). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Handayani, A. T. T., Trsniawati, & Rhosyida, N. (2022). handayani 2022. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 3 No. 1(https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/issue/view/596)

Koga, S. (2022). Characteristics of statistical literacy skills from the perspective of critical thinking. Teaching Statistics, 44(2), 59–67. https://doi.org/10.1111/test.12302

Lestari, K. E dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.640

Masfingatin, T., & Suprapto, E. (2020). Student's Statistical Literacy skills Based on the Reflective and Impulsive Cognitive Styles. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2). doi: https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6902

Rahmi Yuberta, K., Nari, N., Gustia IAIN Batusangkar Jl Jenderal

Sudirman No, E., Kaum, L., Kaum, L., Tanah Datar, K., & Barat, S. (2020). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) STUDENTS MATHEMATIC LITERATION ABILITY BY APPLYING CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) LEARNING MODEL. In Jurnal Sains dan Matematika Unpam (Vol. 3, Issue 1).http://dx.doi.org/10.32493/jsmu.v3i1.6269

Rawanda, T., Hakim, L., Lefudin. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Creative Problem Solving Berbantuan Liveworksheets Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15892

Riatinda. (2022). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI DETERMINAN DAN INVERS MATRIKS MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DI KELAS XI IPS 1 / SMTR 1 SMA NEGERI 4 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017 – 2018. Jurnal Multidisiplin Indonesia. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i2.48

Rohana. (2021). Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, Volume 3 No. 2(https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/issue/view/539), 169–179. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5443

Sa’idah, N., & Yulistianti, H. D. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 198–203. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1157-1168

Setiawan, E. P., & Sukoco, H. (2021). Exploring first year university students’ statistical literacy: A case on describing and visualizing data. Journal on Mathematics Education, 12(3), 427–448. https://doi.org/10.22342/JME.12.3.1 3202.427-448

Sharma, S., (2017). Definitions and models of statistical literacy: a literature review. Open Review of Educational Research, 4(1). doi: https://doi.org/10.1080/23265507.2017.1354313

Takaria J, & Rumahlatu D. (2016). Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN (Vol. 7, Issue 25). Online. www.iiste.org

Triyani, R., Subhan Pamungkas, A., Hadi, C. A., & Santosa, F. (2024). Pengembangan e-lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp. 13(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7775

Utomo, D. P. (2021). An analysis of the statistical literacy of middle school students in solving timss problems. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 181–197. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1552

Wildani, J., Winiati Triyana, I., & Mahmudah, W. (2019). LITERASI STATISTIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GRESIK THE STATISTICAL LITERACY OF 8 TH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 1 GRESIK. In Agustus (Vol. 1, Issue 2). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5443

Yaqoob, I., Hashem, I. A. T., Ahmed, A., Kazmi, S. M. A., & Hong, C. S. (2019). Internet of things forensics: Recent advances, taxonomy, requirements, and open challenges. Future Systems, Generation 92, Computer 265–275. https://doi.org/10.1016/j.future.2018. 09.058