ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MURID: STUDI SLR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Ariyani, Oktavia Wahyu & Prasetyo, Tego. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021 Halaman 1149 – 1160. doi: 10.31004/Basicedu.V5i3.892.
Astuti, Sherly tri., Susbiyani, Arik & Afroh, Ibna Kamela. (2021). Systematic Literature Review: Pengaruh Tingkat Pengungkapan Sukarela Terhadap Nilai Perusahaan. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10955.
Ati, Tri Puji & Setiawan, Yohana. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 04, No. 01, Mei 2020, pp. 294-303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209.
Hamidah, Fajrin Hana ., Pangestu, Deviyanti & Habibi, Roy Kembar. (2025). Penerapan LKPD Canva Berbasis Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Lentera : Jurnal Ilmiah pendidikan. 18 (1), pp. 101 - 110. https://Jurnal.Stkippgribl.Ac.Id/Index.Php/Lentera/Article/View/1752.
Kumalasari, Eni & Widodo, Susilo Tri. (2025). Keefektifan Model PBL Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.10 No. 1 March2025, Pages54-68. http://Online-Journal.Unja.Ac.Id/Index.Php/Gentala.
Maharani, Irena & Putra, Ary Antoni. (2023). Hubungan Metode Problem Based Learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Mutaʹallimin - Vol. 1 No. 1 (2023) Halaman: 23-35. https://journal.uir.ac.id/index.php/JPIM
Mita & Ihsanudin. (2024). Pengaruh Problem Based Learning berbantuan Scaffolding terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Concept Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 08, Nomor 02, April-Juli 2024, pp. 1211-1224. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3198.
Pratiwi, Ulpha Mega., Novaliyosi & Pujiastuti, Heni. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Penyelesaian Soal Literasi Numerasi. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 16 Nomor 2, Halaman 347 – 356. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma.
Prayoga, Aji ., Setyaningtyas, Eunice Widyanti. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika ,Volume 05, No. 03, November 2021, pp. 2652-2665. doi: 10.31004/Cendekia.V5i3.938.
Saputra, Hendra & Nababan, Siti Aminah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Jurnal Genta Mulia, Volume IX No. 2, Juli 2018 Page : 56-70. https://Doi.Org/10.61290/Gm.V9i2.540.
Sarwoedi., Widada, Wahyu & Herawaty, Dewi. (2021). Pengaruh Problem-Based Learning Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Annals of Mathematical Modeling, 1 (1), 2021, 31-34. https://Doi.Org/10.33292/Amm.V1i1.5