ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Amin, I., & Sukestiyarno, P. Y. L. (2015). Analysis Metacognitive Skills on Learning Mathematics in High School. International Journal of Education and Research, 3(3), 213–222.
Arifin, S. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas Viii Unggulan Smpn 1 Watampone. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 20. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1313
Eline Yanty Putri Nasution, Anggun Emjasmin, N. R. (2021). Analisis Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Integral. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 361–376. http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/index
Ellyana, R., Muhtarom, M., & Utami, R. E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8593
Geni, P. R. L., & Hidayah, I. (2017). Putri Reno Lenggo Geni, Isti Hidayah .pdf. 6(1), 11–17.
Hajar, S., Bernard, H., & Djam’an, N. (2018). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Issues in Mathematics Education, 2(1), 92–99. http://www.ojs.unm.ac.id/imed
Hasan, B. (2020). Proses Kognitif Siswa Field Independent dan Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 323–331. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.323-332
Izzatin, M., Waluyo, S. B., Rochmad, & Wardono. (2020). Students’ cognitive style in mathematical thinking process. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 0–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012055
Klau, Y. E., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama pada Materi Geometri. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5635
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107–114.
Nada, A., Prayito, M., & Harun, L. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Kelas XI Menurut Langkah-Langkah John Dewey Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5775
Noviyanti, E. D., Purnomo, D., & Kusumaningsih, W. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7097
Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis gaya kognitif field dependent dan field independent terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5, 71–76.
Prabawa, E. A. dan Z. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Eduction Research, 6(1), 120–129.
Putri, I. A., Tanjung, M. S., & Siregar, R. (2024). Studi Literatur Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(2), 23–33.
Ramadanti, A. V., & Syahri, A. A. (2022). Deskripsi Keterampilan Metakognitif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 32–42.
Rohmani, D., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90. https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2401
Saleh, S. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://doi.org/`
Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06
Srimurni, A. M. & B. S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i1.497
Sulaiman, S. E. (2020). Proses berpikir geometri siswa SMP dengan gaya kognitif field independen dan field dependen. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Supriatna, E., & Alawiyah, T. (2019). Studi Keterampilan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Margaasih Kabupaten Bandung. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(4), 471–480. https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i4.1772
Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntasi Dan Humanika, 4(1), 1393–1406. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jinah.v4i1.4601
Susanti, E. (2017). dalam pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan Turunan Fungsi Aljabar. Terbukti dari hasil penelitian dengan tindakan model pembelajaran. 2(1–106).
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman pemecahan masalah berdasar gaya kognitif. Deepublish.
Swastika, A. (2022). Keterampilan Metakognitif Problem Solving Berdasarkan Level Penalaran Kontroversial Siswa Di SMA Negeri 1 Kediri. IAIN Kediri.
Thi-Nga, H., Thi-Binh, V., & Nguyen, T. T. (2024). Metacognition in mathematics education: From academic chronicle to future research scenario-A bibliometric analysis with the Scopus database. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(4). https://doi.org/10.29333/ejmste/14381
Wahyuningsih, W., Jamaluddin, J., & Karnan, K. (2015). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash Dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas Viii Smpn 6 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 10(1), 41–46. https://doi.org/10.29303/jpm.v10i1.16
Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1977). Field-dependent and field-independent cognitive styles and their educational implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64.