ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Alfonsus Wilangkana Kurniawan
Kriswandani Kriswandani - [ https://orcid.org/0000-0002-2442-1948 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8195

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa kelas IX dalam menyelesaikan masalah SPLDV berdasarkan gaya kognitif FI (Field Independent) dan FD (Field Dependent). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Salatiga yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis yang mencakup tiga tahap, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukan bahwa siswa Field Independent dapat melalui seluruh tahapan Keterampilan Metakognitif, seperti siswa mampu mengidentifikasi informasi; merencanakan langkah penyelesaian; menerapkan strategi yang tepat; menyadari kesalahan dan meninjau proses pengerjaan; menarik kesimpulan secara mandiri. Sedangkan siswa Field Dependent belum dapat melalui tahapan Keterampilan Metakognitif secara menyeluruh, seperti siswa mampu menyajikan informasi soal; namun kesulitan menjelaskan rencana secara runtut; dapat menerapkan strategi; mampu memantau kesalahan dalam pengerjaan; memerlukan penguatan dari eksternal; kesulitan dalam membuktikan kebenaran jawaban; menarik kesimpulan tanpa meninjau kebenaran jawaban. Secara umum, individu dengan gaya kognitif FI dalam menyelesaikan masalah memiliki kemampuan memahami informasi secara akurat dan mengembangkan pemikiran secara mandiri dalam penyelesaiannya. Sebaliknya individu dengan gaya kognitif FD cenderung mengalami kesulitan dan memerlukan bimbingan dari pihak eksternal dalam menyelesaikan masalah.

Keywords


Keterampilan Metakognitif; Menyelesaikan Masalah; Gaya Kognitif

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Amin, I., & Sukestiyarno, P. Y. L. (2015). Analysis Metacognitive Skills on Learning Mathematics in High School. International Journal of Education and Research, 3(3), 213–222.

Arifin, S. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas Viii Unggulan Smpn 1 Watampone. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 20. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1313

Eline Yanty Putri Nasution, Anggun Emjasmin, N. R. (2021). Analisis Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Integral. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 361–376. http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/index

Ellyana, R., Muhtarom, M., & Utami, R. E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8593

Geni, P. R. L., & Hidayah, I. (2017). Putri Reno Lenggo Geni, Isti Hidayah .pdf. 6(1), 11–17.

Hajar, S., Bernard, H., & Djam’an, N. (2018). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Issues in Mathematics Education, 2(1), 92–99. http://www.ojs.unm.ac.id/imed

Hasan, B. (2020). Proses Kognitif Siswa Field Independent dan Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 323–331. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.323-332

Izzatin, M., Waluyo, S. B., Rochmad, & Wardono. (2020). Students’ cognitive style in mathematical thinking process. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 0–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012055

Klau, Y. E., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama pada Materi Geometri. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5635

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107–114.

Nada, A., Prayito, M., & Harun, L. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Kelas XI Menurut Langkah-Langkah John Dewey Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5775

Noviyanti, E. D., Purnomo, D., & Kusumaningsih, W. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7097

Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis gaya kognitif field dependent dan field independent terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5, 71–76.

Prabawa, E. A. dan Z. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Eduction Research, 6(1), 120–129.

Putri, I. A., Tanjung, M. S., & Siregar, R. (2024). Studi Literatur Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(2), 23–33.

Ramadanti, A. V., & Syahri, A. A. (2022). Deskripsi Keterampilan Metakognitif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 32–42.

Rohmani, D., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90. https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2401

Saleh, S. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://doi.org/`

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06

Srimurni, A. M. & B. S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i1.497

Sulaiman, S. E. (2020). Proses berpikir geometri siswa SMP dengan gaya kognitif field independen dan field dependen. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Supriatna, E., & Alawiyah, T. (2019). Studi Keterampilan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Margaasih Kabupaten Bandung. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(4), 471–480. https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i4.1772

Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntasi Dan Humanika, 4(1), 1393–1406. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jinah.v4i1.4601

Susanti, E. (2017). dalam pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan Turunan Fungsi Aljabar. Terbukti dari hasil penelitian dengan tindakan model pembelajaran. 2(1–106).

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman pemecahan masalah berdasar gaya kognitif. Deepublish.

Swastika, A. (2022). Keterampilan Metakognitif Problem Solving Berdasarkan Level Penalaran Kontroversial Siswa Di SMA Negeri 1 Kediri. IAIN Kediri.

Thi-Nga, H., Thi-Binh, V., & Nguyen, T. T. (2024). Metacognition in mathematics education: From academic chronicle to future research scenario-A bibliometric analysis with the Scopus database. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(4). https://doi.org/10.29333/ejmste/14381

Wahyuningsih, W., Jamaluddin, J., & Karnan, K. (2015). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash Dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas Viii Smpn 6 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 10(1), 41–46. https://doi.org/10.29303/jpm.v10i1.16

Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1977). Field-dependent and field-independent cognitive styles and their educational implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64.