INTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STUDI SLR

Muhamad Husni Mubaraq
Kartono Kartono
Zaenuri Zaenuri


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8193

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan integrasi permainan engklek dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode Sistematic Literature Review (SLR) dengan tahapan Coverage, Analysis, Synthesis dan Grounding. Pencarian artikel diambil dari database Scopus, ERIC, DOAJ, dan Garuda dengan tahun publikasi 2018-2025. Sebanyak 41 artikel terpilih sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa tren penelitian engklek yang dikaitkan dengan Matematika cenderung fluktuatif. Engklek tidak hanya sebagai media pembelajaran yang menyenangkan, tetapi juga efektif meningkatkan hasil belajar dan keterampilan matematis siswa, seperti kemampuan pemecahan masalah, berpikir kreatif, pemahaman konseptual, motivasi dan minat belajar, komunikasi matematis, dan kecerdasan logika. Sementara domain Matematika yang dapat dikaitkan dengan permainan Engklek yaitu Geometri, Bilangan dan Aljabar dengan dominasi Geometri khususnya geometri datar. Integrasi Engklek dalam pembelajaran Matematika menggunakan model TGT, Game Based Learning, TPS, dan Jigsaw dengan dominasi pembelajaran berbasis game. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi Engklek dalam pembelajaran Matematika tidak hanya dapat melestarikan budaya lokal, tetapi juga meningkatkan hasil belajar Matematika, sehingga integrasinya dalam kurikulum sangat direkomendasikan sebagai inovasi pembelajaran yang efektif dan kontekstual

Keywords


Engklek; Integrasi Pembelajaran; Matematika

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Alina, N. M., Listiani, I., & Kusumawati, N. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN ETNOMATEMATIKA ENGKLEK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.

Arista, L. O., Handayanto, A., & Damayani, A. T. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED-HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN BENDUNGAN SEMARANG. Jurnal Guru Kita (JGK), 2, 47–56.

Bramuda, A. C. . M. P., Disurya, R., & Tanzimah. (2025). Pengembangan Permainan Engklek Pintar (ENGPIN) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 76–88. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.2052

Cabrera, D., Cabrera, L., & Cabrera, E. (2023). The Steps to Doing a Systems Literature Review (SLR). Journal of Systems Thinking. https://doi.org/10.54120/jost.pr000019.v1

Damayanti, A., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Permainan Engklek pada Siswa Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11.

Damayanti, E., Ahmad, A., Bara, A., Islam Negeri Alauddin Makassar, U., & Kab Luwu Timur, F. (2020). DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET BERDASARKAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22.

Endriani, D., Sari, Y. R., & Ulhusna, M. (2025). ANALISIS KUANTITATIF PERMAINAN ENGKLEK DALAM PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DAN KEKONGRUENAN DI SEKOLAH DASAR. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12, 491–504. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1638

Fadliansyah, F., & Noviyanti, E. (2024). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Engklek Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP, 3(2), 121–240. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i2

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DAN GASING KHAS KEBUDAYAAN SUNDA. BAREKENG: JURNAL ILMU MATEMATIKA DAN TERAPAN, 12(1), 1. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358

Ginting, S. M. B. G., & Rakhmawati, F. (2024). Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. IPA IKIP Mataram, 12(3), 428–438. https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i3.11905

Khoerunnissa, N. R., Sunaryo, Y., & Zakiah, N. E. (2023). Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Matematika. https://jurnal.unigal.ac.id/SN-

Maqin, J. A., & Supriadi. (2022). Pengaruh Etnomatematika Sunda Permainan Engklek terhadap Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa SD. Didaktika, 2(1), 150–159. https://ejournal.upi.edu/index.php/didaktika

Ningrum, R. C., Arini, R., Nurwati, A., & Leksono, S. M. (2024). PERANAN PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP KECERDASAN LOGIKAMATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Elementary School, 11, 152–160.

Primrose, A. T., Falah, M. F. N., Rifqi, M. I., Mauliya, D. F., & Mukti, T. S. (2023). Engklek Etno-Game dengan BRUSLE Android Apps Sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.6489

Putro, D. B. W., Rahmawati, A. P., Maryana, L., Ardiyanti, O., Nurfida, U., Rizkuna, R. D., Widowati, & Jupriyati. (2024). PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKANNUMERASI PADA SISWA SD NGEBUNG - BERAN. EJOIN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2, 500–504.

Rahmadhani, E. (2022). ETHNOMATHEMATICS DAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.81-94

Safitri, S. L. D. A., Santoso, D. A., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Melalui Pendekatan Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Absis: Mathematics Education Journal, 6(2), 106–111. https://doi.org/10.32585/absis.v6i2.5581

Sahrudin, A. (2018). PENGEMBANGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN THINKING MATH PESERTA DIDIK MA GLOBAL SCHOOL. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 32–43.

Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342

Utami, N. I., Kurnia, I., Octafiana, L., Mursyidah, H., & Surabaya, U. M. (2018). ENGKLEK GEOMETRI: UPAYA PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL MELALUI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) (Vol. 6, Issue 1).

Wahyuningsih, A., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatika: Analisis Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Engklek. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1), 239–248. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4181

Widyastuti, L. R., Malik, L. R., & Razak, A. (2020). EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal PRIMATIKA, 9.

Yulfani, S., & Putra, L. V. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Engklek Eduflex dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD. MASALIQ, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.58578/masaliq.v5i1.4278