INTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STUDI SLR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Alina, N. M., Listiani, I., & Kusumawati, N. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN ETNOMATEMATIKA ENGKLEK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.
Arista, L. O., Handayanto, A., & Damayani, A. T. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED-HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN BENDUNGAN SEMARANG. Jurnal Guru Kita (JGK), 2, 47–56.
Bramuda, A. C. . M. P., Disurya, R., & Tanzimah. (2025). Pengembangan Permainan Engklek Pintar (ENGPIN) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 76–88. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.2052
Cabrera, D., Cabrera, L., & Cabrera, E. (2023). The Steps to Doing a Systems Literature Review (SLR). Journal of Systems Thinking. https://doi.org/10.54120/jost.pr000019.v1
Damayanti, A., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Permainan Engklek pada Siswa Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11.
Damayanti, E., Ahmad, A., Bara, A., Islam Negeri Alauddin Makassar, U., & Kab Luwu Timur, F. (2020). DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET BERDASARKAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22.
Endriani, D., Sari, Y. R., & Ulhusna, M. (2025). ANALISIS KUANTITATIF PERMAINAN ENGKLEK DALAM PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DAN KEKONGRUENAN DI SEKOLAH DASAR. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12, 491–504. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1638
Fadliansyah, F., & Noviyanti, E. (2024). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Engklek Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP, 3(2), 121–240. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i2
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DAN GASING KHAS KEBUDAYAAN SUNDA. BAREKENG: JURNAL ILMU MATEMATIKA DAN TERAPAN, 12(1), 1. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358
Ginting, S. M. B. G., & Rakhmawati, F. (2024). Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. IPA IKIP Mataram, 12(3), 428–438. https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i3.11905
Khoerunnissa, N. R., Sunaryo, Y., & Zakiah, N. E. (2023). Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Matematika. https://jurnal.unigal.ac.id/SN-
Maqin, J. A., & Supriadi. (2022). Pengaruh Etnomatematika Sunda Permainan Engklek terhadap Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa SD. Didaktika, 2(1), 150–159. https://ejournal.upi.edu/index.php/didaktika
Ningrum, R. C., Arini, R., Nurwati, A., & Leksono, S. M. (2024). PERANAN PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP KECERDASAN LOGIKAMATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Elementary School, 11, 152–160.
Primrose, A. T., Falah, M. F. N., Rifqi, M. I., Mauliya, D. F., & Mukti, T. S. (2023). Engklek Etno-Game dengan BRUSLE Android Apps Sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.6489
Putro, D. B. W., Rahmawati, A. P., Maryana, L., Ardiyanti, O., Nurfida, U., Rizkuna, R. D., Widowati, & Jupriyati. (2024). PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKANNUMERASI PADA SISWA SD NGEBUNG - BERAN. EJOIN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2, 500–504.
Rahmadhani, E. (2022). ETHNOMATHEMATICS DAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.81-94
Safitri, S. L. D. A., Santoso, D. A., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Melalui Pendekatan Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Absis: Mathematics Education Journal, 6(2), 106–111. https://doi.org/10.32585/absis.v6i2.5581
Sahrudin, A. (2018). PENGEMBANGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN THINKING MATH PESERTA DIDIK MA GLOBAL SCHOOL. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 32–43.
Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342
Utami, N. I., Kurnia, I., Octafiana, L., Mursyidah, H., & Surabaya, U. M. (2018). ENGKLEK GEOMETRI: UPAYA PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL MELALUI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) (Vol. 6, Issue 1).
Wahyuningsih, A., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatika: Analisis Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Engklek. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1), 239–248. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4181
Widyastuti, L. R., Malik, L. R., & Razak, A. (2020). EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal PRIMATIKA, 9.
Yulfani, S., & Putra, L. V. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Engklek Eduflex dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD. MASALIQ, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.58578/masaliq.v5i1.4278