PENGARUH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Slamet Tri Widodo
Zainnur Wijayanto
Pardimin Pardimin


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8160

Abstract


Studi ini bermaksud untuk mengkaji efektivitas model Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Augmented Reality (AR) terhadap siswa sekolah dasar pada kemampuan pemecahan masalah matematis. Pendekatan yang diguanakan berupa kuasi-eksperimen yang disusun dengan desain nonequivalent control group. Subjek terdiri dari dua kelas V yang dipilih secara acak, masing-masing 28 siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dengan format uraian, yang telah divalidasi dan menunjukkan reliabilitas tinggi. Analisis data dilakukan melalui uji-t independent dan N-Gain. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (p < 0,05), dengan rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi secara signifikan. Sedangkan, nilai rerata N-Gain berada pada kategori efektif. Temuan ini memperlihatkan bahwa penerapan model RME berbantuan AR mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa secara signifikan. Visualisasi interaktif yang dihadirkan AR turut memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika yang abstrak serta meningkatkan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran matematika berbasis teknologi di tingkat sekolah dasar.


Keywords


augmented reality; kemampuan pemecahan masalah matematis; realistic mathematics education; sekolah dasar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Agustina, Lady, Utomo, B. T., & Chikita, L. (2018). Improving mathematical ability and student learning outcomes through realistic mathematic education (RME) approach. International Journal of Engineering & Technology, 7, 55. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.10.10954

Amaliyah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Realisticmathematicseducation (Rme) Terhadap Kemampuanpemecahanmasalah Matematika. Jtiee, 4(2), 1–8.

Asih, S. K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 103–110. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.21888

Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232

Daton, Y. L., Hariyani, S., & Suwanti, V. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional FST Universitas Kanjuruhan Malang, 2.

Dinglasan, J. K. L., Caraan, D. R. C., & Ching, D. A. (2023). Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Problem-Solving Skills of Students. International Journal of Educational Management and Development Studies, 4(2), 64. https://doi.org/10.53378/352980

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Fauziah, A., & Mariana, N. (2025). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SD UNTUK MENGUKUR BERPIKIR KRITIS. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 163. https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i1.7040

Firdiana, W., Juniati, D., & Manoy, J. T. (2022). Strategic competence of junior high school students in solving geometry problems reviewed from sex differences. Math Didactic Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1. https://doi.org/10.33654/math.v8i1.1602

Iskandar, B. M., Purnomo, D., & Sugiyanti, S. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbantu Wolfram Alpha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Imajiner Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 211. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4470

Isnawati, I., Yulianti, D., & Samhati, S. (2021). Portfolio assessment as a problem based learning model to help elementary school students’ deal with Mathematics. International Journal of Educational Studies in Social Sciences (IJESSS), 1(3). https://doi.org/10.53402/ijesss.v1i3.25

Juanti, L., Santoso, B., & C. Hiltrimartin. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER. JURNAL TATSQIF, 14(2). https://doi.org/10.20414/j-tatsqif.v14i2.1072

Juhariah, J. (2020). Penggunaan Model Problem Solving Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Di SDN 211/Ix Mendalo Darat. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(2), 246. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i2.182

Khairani, M., Sumardi, H., & Muchlis, E. E. (2025). Pengaruh penerapan pendekatan rme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas viii smp. 11(1), 217–226.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Nasruddin, Chairuddin, Rinda, & Miftachurohmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Poleang. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 15. https://doi.org/10.32665/james.v5i1.377

Nurfadilah, U., & Suhendar, U. (2018). Pengaruh Penggunaan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Garis dan Sudut. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 99–107. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i2.1294

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development) Publication, 1–9. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html

Primasari, I. F. N. D., Zulela, & Fahrurrozi. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115

Rachmansyah, A., Karsono, & Kurniawan, S. B. (2024). terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi matematika peserta didik kelas IV sekolah dasar. JPD Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 20–25.

Rahmawati, L., & Sulisworo, D. (2022). Development of augmented reality applications as a medium for learning mathematics. Math Didactic Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 236. https://doi.org/10.33654/math.v7i3.1316

Rinaldi, R., Fahmi, K., & Masyitah, M. (2024). Tinjauan Literatur: Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Tingkat Sekolah Dasar. Likhitaprajna Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana, 26(1), 20–28. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v26i1.279

Sahraini, A., Syaharuddin, Mahsup, Linda, & Aulia, H. (2024). Pengaruh Game Edukatif Matematika terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Siswa. Seminar Nasional Paedagoria Universitas Muhammadiyah Mataram, 4, 464–476.

Septiani, E., Balkist, P. S., & Mulyanti, Y. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 11(1). https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i1.7433

Siregar, U. H., Samosir, B. S., & Novitasari, W. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELARAN BERBASIS IT (GEOGEBRA). Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 60. https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.60-65

Sriwijaya, A. (2021). Realistic Mathematical Education (RME) Learning Model in Overcoming Fraction Problems. Jurnal UNS, 4(5), 1544–1549. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Sukmawati, A. (2020). Meta Analisis Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 63. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30211

Sukoco, S., Parta, I. N., & Puspitasari, L. (2023). Efforts to Build Students’ Mathematical Problem-solving Ability Through Problem-based Learning Models on Number Operation Materials in Class VII SMPN 25 Malang. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13456

Tazia, L. H., Yensy, N. A., & Siagian, T. A. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Arithmetic: Academic Journal of Math, 06(02), 175–194.

Wakit, A. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Perkalian Studi Kasus Kesulitan Siswa Kelas IV SD. MATH-EDU Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 80–87. https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.80-87

Yusron, A., Rahayu, A. H., & Kurniasari, R. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (AR) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 3(2), 79–85. https://doi.org/10.53494/jpvr.v3i2.273

Zuhaerani, S. (2021). Penerapan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan Konseling Peserta Didik SMP Negeri 4 Mataram. Jurnal Teknologi Pendidikan Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 60. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3604

Zulfa, L., Ermawati, D., & Reswari, L. A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Kelas V. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 509–514. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Zuliyanti, P., & Pujiastuti, H. (2020). Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. PRISMA, 9(1), 98. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.899