PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PjBL-STEM PADA MOTIF KAIN TENUN MASYARAKAT TIMOR TENGAH SELATAN

Sani Beti
Indriati Nurul Hidayah
Hery Susanto


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8063

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bangun datar berbasis etnomatematika dengan pendekatan PJBL-STEM pada motif kain tenun masyarakat Timor Tengah Selatan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes, dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri Kakan, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Instrumen penelitian yaitu modul ajar, handout, LKPD, angket respon, soal tes, dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan kevalidan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan modul ajar dengan skor 77% (valid), handout dengan skor 77 % (valid), dan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan skor 85% (valid). Untuk menunjukan kepraktisan ditinjau dari angket respon dengan skor 78% (sangat praktis). Adapun hasil keefektifan berdasarkan ketuntasan peserta didik mengerjakan soal (pretest dan posttest) dengan skor 85% (efektif). Dengan begitu, bahan ajar bangun datar berbasis etnomatematika dengan pendekatan PJBL-STEM pada motif kain tenun masyarakat Timor Tengah Selatan yang dikembang layak untuk digunakan dalam proses penelitian di dalam kelas.

Keywords


bahan ajar; etnomatematika; motif kain; pengembangan; PJBL-STEM

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Andriani, SE., MT, I. (2024). Statistik Pendidikan. In Jurnal Transportasi Multimoda (Vol. 16, Issue 1). https://doi.org/10.25104/mtm.v16i1.840

Branch, R. M. (2010). Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Dosinaeng, W. B. ., Lakapu, M., & Leton, S. I. (2020). Ethnomathematics in Boti tribe culture and its integration. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012021

Fitriyani, A., Toto, T., & Erlin, E. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4375

Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1). https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z

Kemdikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase A-Fase F. Kurikulum Kemdikbud, 4.

Kemendikbudristek. (2018). Model-model pembelajaran inovatif : teori dan impelementasi. https://katalog.kemdikbud.go.id/index.php?p=show_detail&id=737331

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri

Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf

Prahmana, R. C. I. (2020). Ethnomathhematics (Teori dan Implementasi) (R. C. I. Prahmana (ed.)). UAD Press.

Priatna, N., Nurhayati, & Lorenzia, S. A. (2020). Pembelajaran matematika berbasis proyek (N. N. M (ed.); 1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. K-Media. https://s3ppi.umy.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/Tutorial-Pembelajaran-Berbasis-Proyek_Halim-P_compressed.pdf

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.

Qohar, A., Susiswo, Nasution, S. H., & Wahyuningsih, S. (2021). Development of Android-Based Mathematics Learning Game on the Topic of Congruence and Similarity. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(9), 52–69. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i09.20723

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Stohlmann, M. (2021). Integrated STEM education through game-based learning. 2238–2242. https://doi.org/10.51272/pmena.42.2020-381

Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R & D) (S. Y. Suryandari (ed.); 4th ed.). ALFABETA, CV.

Syarifah, L., & Yasin, M. (2024). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika untuk Mempersiapkan Peserta Didik di Abad 21. October. https://www.researchgate.net/publication/385284448

vanden Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research. Design Approaches and Tools in Education and Training, 1–14. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_1