MEDIA AUGMENTED REALITY PADA PENGENALAN BANGUN RUANG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA DINI: STUDI SLR

Izza Ikromatus Sa'adah
Kartika Rinakit Adhe
Andi Kristanto
Wulan Patria


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8037

Abstract


Kemajuan teknologi informasi telah meningkatkan penggunaan media pembelajaran interaktif seperti Augmented Reality (AR) dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran media AR dalam pengenalan bentuk ruang dan keterkaitannya dengan pengembangan kemampuan berpikir kritis anak-anak di usia dini. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) atau kajian literatur dari berbagai sumber ilmiah, baik nasional maupun internasional, yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir, ditemukan bahwa media AR dapat memvisualisasikan objek geometris tiga dimensi secara nyata dan interaktif. Ini memberikan pengalaman multisensori yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak, serta efektif dalam meningkatkan keterlibatan belajar, pemahaman ruang, dan kemampuan berpikir kritis, seperti klarifikasi, interpretasi, dan evaluasi sederhana. Dari hasil analisis, AR dianggap sebagai alat yang strategis dan relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran geometri dasar di pendidikan anak usia dini, karena dapat mengintegrasikan aspek visual, kognitif, serta eksploratif dalam proses pembelajaran yang menarik dan bermakna.

Keywords


Augmented Reality; bangun ruang; anak usia dini; berpikir kritis

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Akbar, A., Herman, T., Suryadi, D., Mursalim, Alman, Putra, E. D., & Blegur, J. (2025). Integrating Augmented Reality in Mathematics Learning to Improve Critical Thinking Skills of Elementary School Students. Emerging Science Journal, 9(2). https://doi.org/10.28991/ESJ-2025-09-02-014

Anggraini, C. C. D., Budiwati, Y., Wiradharma, G., Prasetyo, M. A., & Dewi, D. K. (2025). UJI KELAYAKAN “ARBARU: APLIKASI AUGMENTED REALITY BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG” DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. SIBATIK JOURNAL, 4(5). https://doi.org/https://doi.org/ 10.54443/ sibatik.v4i5.2677

Arianti, B. D. D., Djamaluddin, M., & Sabila, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(2). https://doi.org/DOI : 10.29408/jit.v6i2.18812

Atış-Akyol, N., Turanoğlu, R., & Parpucu, N. (2023). Digital Technology in Preschool Education: A Systematic Review. IJERE : International Journal of Educational Research Review, 8(3).

Encabo-Fernández, E., Albarracín-Vivo, D., & Jerez-Martínez, I. (2023). Evaluative Research on the Critical Thinking of Primary School Students. International Journal of Educational Research Open, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100249

Ennis, R. (2011). Critical Thinking : Reflection and Perspective Part II. University of Illinois, 26(2). https://doi.org/https://doi.org/10.5840/inquiryctnews201126215

Hafifah, S., Marlina, S., Zulminiati, & Saridewi. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v8i2.1083

Hairi, A. W. B. M., Maharum, S. M. M., Hasman, N. A., Mansor, Z., Ahmad, I., & Kadir, K. A. (2023). Augmented Reality in Education Application. IEEE International Symposium on Mixed and Augmented Reality (ISMAR), 314–319. https://doi.org/10.1109/ICSIMA59853.2023.10373422

Hamida, A. I., Wahyudi, A., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD Lectura, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6216

Haryanti, Y. D., Sapriya, Permana, J., Syaodih, E. W., & Kurino, Y. D. (2022). Improving the Critical Thinking Skills of Elementary School Students through Problem Based Learning and Inquiry Models in Social Science Learning. Al IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2). https://doi.org/DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.10485

Helen, Marliana, L., & Fathurohman, A. (2023). Penggunaan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10). https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2896

Hsu, F.-H., Lin, I.-H., Yeh, H.-C., & Chen, N.-S. (2022). Effect of Socratic Reflection Prompts via Video-Based Learning System on Elementary School Students’ Critical Thinking Skills. Elsevier : ScienceDirect. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104497

Insani, Z., & Firdaus, F. M. (2024a). Pengembangan Aplikasi Bangun Ruang berbasis Augmented Reality ( AR ) untuk Meningkatkan Kecerdasan Spasial dan Self-Regulated Learning. Obsesi, 8(5), 1185–1196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6141

Insani, Z., & Firdaus, F. M. (2024b). Pengembangan Aplikasi Bangun Ruang berbasis Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Kecerdasan Spasial dan Self-Regulated Learning. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 8(5), 1185–1196. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v8i5.6141

Liwaurrohmah, S., & Isnaningsih, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sandpaper Tray Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Bangun Datar Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.6001

Makapedua, C. S., Wonggo, D., & Komansilan, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK USIA DINI. EDUTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4). https://doi.org/https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2212

Mandala, A. S., Anwar, L., Sa’dijah, C., & Zulnaidi, H. (2025). Development of mobile augmented reality-based geometry learning games to facilitate spatial reasoning. Infinity Journal, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v14i2.p323-348

Mappapoleonro, A. M., & Yuni, Y. (2024). Implementasi Media Kantong Ajaib: Memahami Bangun Datar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Cerlang PGPAUD, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jcpaud.v1i1.1900

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 6(6), 6462–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408

Rohendi, D., Ramadhan, M. O., Rahim, S. S. A., & Zulnaidi, H. (2025). Enhancing student’s interactivity and responses in learning geometry by using augmented reality. Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 21(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejmste/15796

Sidiq, Y., Ishartono, N., Desstya, A., Prayitno, H. J., Anif, A., & Hidayat, M. L. (2021). Improving Elementary School Students’ Critical Thinking Skill in Science through HOTS-Based Science Questions: A Quasi-Experimental Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3). https://doi.org/DOI: 10.15294/jpii.v10i3.30891

Siswono, H., Zahro, I., & Cahyono, A. E. (2024). Development of an Augmented Reality Book Based on Science Inquiry for Early Childhood. Jurnal Kependidikan, 10(4). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v10i4.12984

Sri, A. P. K., & Anadhi, I. M. G. (2023). Pengenalan Bangun Datar dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Melalui Permainan Papan Geometri Pintar (Papingeo) pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Pratama Widya Pasraman Gurukula. IJEC: Indonesian Journal of Early Chilhood, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2368

Suryana, S. I., Sopandi, W., Sobari, T., & Banawi, A. (2022). BEGINNING CRITICAL THINKING SKILLS FOR V ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN BANDUNG. Current Issues on Elementary Education Journal, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ciee.v1i1.49095

Susilowati, E., Fathonah, N., Astutik, E. P., Hadi, S., & Prayitno, L. L. (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar. Jurnal SOLMA, 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29405/solma.v9i1.4714