ANALISIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA DINI: STUDI SLR
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis efek dari pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis pada anak-anak yang masih dalam tahap awal perkembangan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Tinjauan ini meliputi sepuluh artikel ilmiah yang membahas keterkaitan antara penerapan STEAM dan pengembangan kemampuan kognitif anak, khususnya dalam berpikir kritis. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa STEAM dapat meningkatkan elemen berpikir kritis melalui kegiatan eksplorasi, proyek berbasis permainan, dan pemecahan masalah yang relevan dengan konteks seni dan teknologi. Selain itu, pendekatan ini juga memperkuat keterampilan lainnya, seperti kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. STEAM terbukti menjadi metode pengajaran yang sesuai dengan ciri khas perkembangan anak dan juga memenuhi tuntutan di era abad ke-21. Oleh karena itu, disarankan untuk mengintegrasikan STEAM dalam kurikulum pendidikan bagi anak usia dini sebagai strategi pembelajaran yang inovatif yang dapat membentuk generasi yang berpikir kritis dan menyelesaikan masalah sejak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Aeni, S. Q., & Setiasih, O. (2024). Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini: Strategi Komunikasi Guru. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1). https://doi.org/10.26877/paudia. V13i1. 18072
Agrawal, V., & Sureka, A. (2017). Setting the Foundation for Scientific Inquiry and Computational Thinking in Early Childhood using Lego Machines and Mechanism Education Kit. ArXiv. https://doi.org/https://doi.org/10.48550/arXiv.1801.06042
Agusniatih, A., & R., S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran STEAM melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3418
Alucyana, & Raihana. (2023). Pembelajaran Saintifik dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah pada Anak. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 7(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4096
Atikah, C., & Biru, L. T. (2024). STEAM-based Learning to Enhance Early Childhood Creativity. International Journal of STEM Education For Sustainability, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.53889/ijses.v4i1.303
Badawy, H. R. I., Alkaabi, A. M., Qablan, A. M., Badawy, H. R. I., Almaazmi, K. M. M. H., & Ndlela, N. P. (2025). Nurturing Future Innovators Integrating Computational Thinking, AI, and STEM in Early Education. IGI Global.
Bening, T. P., & Ichsan. (2022). Analisis Penerapan Pengetahuan Orang Tua dalam Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosisal, Dan Budaya, 8(3). https://doi.org/https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.829
Dewi, A. C., Hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 3(1), 18. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136
Fathoni, T. (2025). Integrasi Konsep Pengalaman Belajar John Dewey Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Anak. AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i2.6754
Huynh, E., Nyhout, A., Ganea, P., & Chevalier, F. (2020). Designing Narrative-Focused Role-Playing Games for Visualization Literacy in Young Children. IEE Xplore, 27(2). https://doi.org/10.1109/TVCG.2020.3030464
Imamah, Z., & Muqowim. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 15(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917
Kitchenham, B., & Charters, S. (2007). Guidelines for performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering.
Linder, S. M., & Eckhoff, A. (2020). Breaking Down STEAM for Young Children. 28–30.
Maarang, M., Khotimah, N., & Lily, N. M. (2023). Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.215
Milara, I. S., & Orduña, M. C. (2024). Possibilities and challenges of STEAM pedagogies. ArXiv. https://doi.org/https://doi.org/10.48550/arXiv.2408.15282
Monkeviciene, O., Autukeviciene, B., Kaminskiene, L., & Monkevicius, J. (2020). Impact of innovative STEAM education practices on teacher professional development and 3-6 year old children’s competence development. Journal of Social Studies Education Research, 11(4).
Purnama, S., Ulfah, M., Ramadani, L., & Fitriyah, Q. (2023). Kurikulum dan pembelajaran PAUD.
Purnamasari, I., Handayani, D., & Formen, A. (2020). Stimulasi keterampilan hots dalam paud melalui pembelajaran steam.
Purwaningsih, P., Munawar, M., & Harianti, D. (2022). Analisis pembelajaran lingkungan sosial berbasis steam pada anak usia dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 13–23. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.68.
Rizkyta, A. L., Yuli, R., & Fauzan, K. (2023). Critical Thinking Skills of Chemistry Students by Integrating Design Thinking with STEAM-PjBL. Journal of Technology and Science Education, 13(1).
Rodrigues-Silva, J., & Alsina, Á. (2023). STEM/STEAM in Early Childhood Education for Sustainability (ECEfS): A Systematic Review. Sustainability (Switzerland), 15(4). https://doi.org/https://doi.org/10.3390/su15043721
Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Keterampilan Bahasa Anak untuk Berpikir Kritis pada Usia 5-6 Tahun. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 7(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353
Silva, E. F., Dembogurski, B. J., & Semaan, G. S. (2021). A Systematic Review of Computational Thinking in Early Ages. ArXiv. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/09669760.2022. 2107491
Sukmawati, N. I., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. CONCEPT: Journal of Social Humanities and Education, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/ 10.55606/concept.v2i1.238
Syafi’i, I., Chusnah, A., Inayati, N. A., & Sari, L. P. (2021). Strategi Pendidikan dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Anak Usia Dini di Masa Covid-19. JECED: Journal of Early Chilhood Education and Development, 3(1). https://doi.org/https:// doi.org/10.15642/jeced.v3i1.816