KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATEMATIKA

Lastri Hutagalung
Meiliasari Meiliasari


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7914

Abstract


Kemampuan berpikir kritis adalah kompetensi esensial bagi siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Namun, hasil PISA 2018 menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia, khususnya dalam matematika, yang berdampak pada pencapaian hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Dengan menerapkan metode Systematic Literature Review (SLR), studi ini mengkaji literatur relevan untuk mendefinisikan berpikir kritis matematis, mengidentifikasi indikator pengukurannya, serta merumuskan upaya peningkatan kemampuan tersebut. Diharapkan, temuan penelitian ini dapat memberikan rekomendasi pembelajaran yang lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. 

Keywords


kemampuan; berpikir kritis matematis

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abdullah, I. H. (2016). Berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.100

Adharini, D., & Herman, T. (2020). Critical thinking skills and self-confidence of high school students in learning mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032043

Aini, K. N., & Amelia, D. B. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Hots Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Self-Concept. Inspiramatika, 9(1), 76–83. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v9i1.4555

Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Profile Of Mathematical Critical Thinking Skills Junior High School Students with Graded Response Models. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 103–112.

Applebaum, M. (2025). Fostering creative and critical thinking through math games: A case study of Bachet’s game. European Journal of Science and Mathematics Education, 13(1), 16–26. https://doi.org/10.30935/scimath/15825

Facione, P. a. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, ISBN 13: 978-1-891557-07-1., 1–28. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995

Febriani, I. R. F., & Rahaju, E. B. (2024). Analisis Berpikir Kritis Siswa dengan Self Confidence Tinggi pada Materi Bangun Datar. MATHEdunesa, 13(2), 433–450. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p433-450

Gokhale, A. A. (1995). Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education, 7(1), 22–30. https://doi.org/10.21061/jte.v7i1.a.2

H. Silitonga, A.J.B. Hutauruk, L.R. Pangaribuan, T. N. (2024). Analisis kemampuan berpikir kritis dan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal hots pada materi trigonometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(2), 122–135.

Hattori, Y. (2025). Enhancing critical thinking in mathematics education: A rubric for students’ social values. 20(3).

Hidayanti, R., & Alim Syahri, A. (2020). SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika) Analisis kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Labakkang (Vol. 12).

Kitchenham, B. (2007). Guidelines for performing systematic literature reviews in software engineering. Technical Report, Ver. 2.3 EBSE Technical Report. EBSE, January 2007, 1–57.

Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 62. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p62-69

Masek, A., & Yamin, S. (2012). The Impact of Instructional Methods on Critical Thinking: A Comparison of Problem-Based Learning and Conventional Approach in Engineering Education. ISRN Education, 2012(February 2012), 1–6. https://doi.org/10.5402/2012/759241

Neva Septyana, Sumaji, S. W. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self Confidence. 4(September), 1391–1402.

Nurmalia, N. R., & Sari, C. K. (2023). Kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah HOTS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 2053–2064. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.19342

Pertiwi, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik smk pada materi matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2.

Prasetyo, N. H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII dalam Soal High Order Thinking Skill. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 271–279. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1958

Putri Octaviana, N. S. (2022). Kompetensi berpikir kritis siswa dalam memecahkan persoalan hots berdasarkan gaya belajar. 11(2), 1436–1452.

Rika Juwita Puspitawatia, Luluk Faridahb, K. N. A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal hots ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5918

Setiana, D. S., Purwoko, R. Y., & Sugiman. (2021). The application of mathematics learning model to stimulate mathematical critical thinking skills of senior high school students. European Journal of Educational Research, 10(1), 509–523. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.509

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Yanwar, A., & Fadila, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis : Dampak Pendekatan Saintifik ditinjau dari Kemandirian Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 9–22. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3204

Yulianto, D., Juniawan, E., & A., & Kusdini, R. (2023b). Pengaruh metode accelerted learning for the 21st century terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Silogisme, 8(2), 112–127.