PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 SD

Luvi Eka Lilia Rosa - [ https://orcid.org/0009-0004-4385-7191 ]
Destiniar Destiniar
Eka Fitri Puspa Sari


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7762

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematika siswa kelas 5 di SD Negeri 160 Palembang terhadap penggunaan video pembelajaran berbasis animasi.  Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan melalui desain quasi-eksperimen, di mana dua kelompok dilibatkan dalam eksperimen semu: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen 5B dan kelas kontrol 5C adalah kelas eksperimen, dan kelas kontrol 5D adalah kelas kontrol. Kelas eksperimen menerima instruksi melalui video animasi, sementara kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional.  Uji Mann-Whitney digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan setelah post-test. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara dua kelompok, dengan nilai U sebesar 163,500 dengan p-value 0,000003, jauh di bawah taraf signifikansi 0,05.   Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran berbasis animasi secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa matematika di sekolah dasar tentang konsep.

Keywords


Video Pembelajaran; Animasi; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadila, Z., Taqwin, . . . Sari, E. M.

(2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan PEnerbit Muhammad Zaini.

Afandi, I., Wahyuningsih, E., & Rokhman, M. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Pembelajaran Daring Terhadap Konsep Matematis Pada Masa Pandemi Covid - 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Ailulia, R., Saidah, P. N., & Sutriyani, W. (2022). Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar. POLINOMIAL Jurnal Pendidikan Matematika.

Amariah, H. (2024, August 9). Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 Bab 2 (Kurikulum Merdeka). Diambil kembali dari wislah: https://wislah.com/rangkuman-materi-matematika-kelas-5-bab-2-kurikulum-merdeka/

Aprianti, R., Rakhmat, C., & Indihadi, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Organ Gerakan Hewan Di Kelas V Sekolah Dasar . Jurnal Elementaria Edukasia .

Asari, A., Purba, S., Fitri, R., Geneua, V., Herlina, E. S., & Wijayanto, P. A. (2023). Media Pembelajaran Era Digital. Yogyakarta: CV. Istana Agency.

Bulkani, Fatchurahman, Adella, H., & Setiawan, A. (2022). Development of Animation Learning Media Based on Local Wisdom to Improve Student Learning Outcomes in Elementary Schools . International Journal of Instruction, 1-18.

Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari self efficacy siswa dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 20 Palembang. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 115-128.

Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus).

Fauzan, H., & Anshari, K. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. JURRIPEN: Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan.

Febrina, R., & Lena, M. S. (2021). Pengaruhvideo Animasi Terhadap Hasil Belajarkeliling Dan Luas Bangun Datardi Kelas IV SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Handayani.

Hanif, M. (2020). The Development and Effectiveness of Motion Graphic Animation Videos to Improve Primary School Students’ Sciences Learning Outcomes . International Journal of Instruction.

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Hayati, N., Supardi, Laila, S. N., . . . Asyhar, A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hidayani, B. n. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Skala dan Perbandingan Melalui Pembelajaran Snowball Throwing di SD Negeri 11 Mataram. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Isnaini, S., Firman, & Desyandri. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Juardi, I., & Komariah. (2023). Konsep Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berlandaskan Teori . Journal on Education , 1.

Kristianto, A. (2016). Media Pembelajaran . Surabaya: Penerbit Bintang Surabaya.

Manurung, A. (2024). Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.

Mayer, R. E., & Morena, R. (2005). A Cognitive Theory of Multimedia Learning: Implications for Design Principles.

Muhibbah, F., & Iba, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Belajar Matematika Kelas IV SD. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Mujani, S. D. (2022). Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan terbesar (FPB) Dengan Teknik Coret Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar.

Novera, R., Sukasno, & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep . JURNAL BASICEDU, 13.

Nurhayati, S. A., Sunaengsih, C., & Isrokatun. (2025). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Bangun RUang. Al-Madrasah.

Prawesti, L. N., Putro, A. N., Pratiwi, M., Wardani, E., Ibrahin, S., Mahmudi, M., . . . Fatmawati. (2024). Media Pembalajaran. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Samad, & Setyabudhi, A. L. (2023). Application of Video-Based Learning Media with Applications to Improve Learning Activities of Vocational High School Students . Technical and Vacational Education International Journal .

Saputro, H. B. (2023). Pengembangan Modul Matematika Pada Materi Perbandingan dan Skala untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas.

Sarapung, R. R., Mahmud, N., & Andini. (2023). Pengaruh Proses Pembelajaran Matematika Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Kelas V SD Gmih Sabatai Baru Kecamatan Morotai Selatan. Jurnal Pasifik Pendidikan.

Sari, A. S. (2021). Animated Video in Teaching Reading Comprehension Viewed from the Students’ Reading Interest. ELE Reviews: English Language Education Reviews.

Simatupang, R. T., Sinaga, C. V., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Media Video Animasi pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 122380 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Suhendi, S., Subakti, H., Kristianto, S., Chamidah, D., Suhartati, T., Haruna, N. H., . . . Arhesa, S. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Suhra, Masrura, S., & Tadjuddin, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Pembelajaran Matematika Terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Majene. AL JABAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. D., & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitati. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran.

Syarifuddin, & Utari, E. (2022). Media Pembelajaran (Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Palembang: Bening media PUBLISHING.

Tugtekin, E. B., & Ozgur, D. O. (2021). Efect of animated and interactive video variations on learners’ motivation in distance Education. Springer.

Twozia, T. (2021). Pengaruh Video Animasi terhadap Pemahaman Konsep Segitiga Siswa. Kelas IV di SDN Gentramasekdas.

Zulfikar, R., Sari, F. P., Fatmayati, A., Wandini, k., Haryati, T., Jumini, S., . . . Fadilah, H. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif (Teori, Metode dan Praktik). Bandung: Widina Media Utama.