ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS 7 DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS

Ahmad Aqvian Muntaha
Erry Hidayanto
Swasono Rahardjo


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7632

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan kemampuan berpikir matematis. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan instrumen yang digunakan yaitu lembar tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan berdasarkan kemampuan berpikir matematis indikator specializing,generalizing serta conjecturing. Pada indikator covincing tidak muncul dikarenakan kurang keyakinan dari siswa berdasarkan kesalahan di indikator specializing,generalizing serta conjecturing Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan adalah terdapat kesalahan memahami soal, merefleksikan ide dan kesalahan dalam mengaplikasikan penyelesaian jawaban. Kesalahan siswa bisa muncul dikarenakan kurangnya membaca materi yang sudah diberikan sebelumnya. Kesalahan siswa berdasarkan kemampuan berpikir matematis terdapat pada mengaplikasikan penyelesaian jawaban dari permasalahan soal.

Keywords


Kesalahan Siswa; Soal Aljabar; Kemampuan; Berpikir; Pemikiran Matematika

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


AlAli, R., Wardat, Y., & Al-Qahtani, M. (2023). SWOM strategy and influence of its using on developing mathematical thinking skills and on metacognitive thinking among gifted tenth-grade students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(3). https://doi.org/10.29333/ejmste/12994

Auliya Amanda, Rusi Ulfa Hasanah, & Siti Nurmala. (2024). Systematic Literature Review: Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(3), 73–86. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i3.54

B Matthew Miles, & Michael A Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis. In SAGE Publication (pp. 1–354).

Bancin, R., & Sholeh, M. (2023). HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN PELAJAR LUAR BIASA. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(1), 1–7.

Çakıroğlu, Ü., & Yıldırım, M. (2024). Exploring students’ mathematical thinking skills in educational robotics activities. Thinking Skills and Creativity, 53, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101595

Çelik, H. C., & Özdemir, F. (2020). Mathematical Thinking as a Predictor of Critical Thinking Dispositions of Pre-service Mathematics Teachers. International Journal of Progressive Education, 16(4), 81–98. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.268.6

Creswell. (2012). The Selection of a Research Approach.

Dwi Andini Rachmawati, Juandi Dadang, & Darhim. (2023). Eksplorasi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3, 1–10.

Ertanti, D. W. (2020). MODEL BOWLING MONSTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal PGMI, 3(3), 1–17.

Fazzilah, E., Nia Sania Effendi, K., & Marlina, R. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA. Jurnal Cendekia ; Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1–1043.

Hidayatul Firdaus, A., Novaliyosi, & Khaerunnisa Etika. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS pada Konten Aljabar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 17(1), 1–9.

Holyoak, K. J., & Morrison, R. G. (2012). Thinking and Reasoning: A Reader’s Guide. In Oxford Handbook (Vol. 1, pp. 1–11).

Jumiati, Y., & Sylviana Zanthy, L. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 1. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p11-18

Kanduli, P. P., Prayitno, A., & Khasanah, F. (2018). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI ALJABAR. LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah, 20(1), 1–12.

Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA SMP. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 1. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687

Nitiastuti Fitria, W., Maulina Dewi Soewardini, H., & Hakim, A. (2023). PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII SMP NEGERI 1 DOLOPO. JMER : Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 1–8.

Noer Qomarijah, O., Taren, V., & Nurmilah, R. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 30(5), 126–135.

Nuryanti, F. E. (2022). Analisis Proses Berpikir Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika Dan Terapan, 1(1), 30–39.

Purwaningsih, W., & Marlina, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.639-648

Qolbiyah, R., & Sari, C. K. (2024). ANALISIS LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BERORIENTASI AKM NUMERASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 467–480. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6122

Roza Yana Dima, Hayati Laila, Yulis Ratna Tyaningsih, & Kurniati Nani. (2024). Growth of Tin Oxide Thin Film by Aluminum and Fluorine Doping Using Spin Coating Sol-Gel Techniques. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.264

Sari Wennita, Nasriadi Ahmad, & Salmina Mik. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA MENYELESAIKAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) PADA TAHUN AJARAN 2020 DI SMAN 1 TELUK DALAM KABUPATEN SIMEULUE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1, 1–15.

Sartika, S. A. E., Suharta, I. G. P., & Astawa, I. W. P. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(1).

Schoenfeld, A. H. (1992). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196, 1–38.

Soim Daimah, U. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. Journal of Mathematics Education and Applied, 04, 1–9. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1

Stacey Kaye. (2010). What Is Design Thinking and Why Is It Important? In Review of Educational Research (Vol. 82, Issue 3). https://doi.org/10.3102/0034654312457429

Subanji, S. (2024). Berpikir matematis dalam mengonstruksi konsep matematika: sebuah analisis secara teoritis dan praktis. Jurnal Kajian Pendidikan Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.62947/jkpi.v1i1.7

Suherman, S. (2024). Role of creative self-efficacy and perceived creativity as predictors of mathematical creative thinking: Mediating role of computational thinking. Thinking Skills and Creativity, 53, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101591

Yohana Hoar, A., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan. Math Edu : Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 1–7.

Zuschaiya, D. (2024). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Kesulitan Belajar Matematika Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 41–49. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01