ANALISIS KELENGKAPAN DAN KESESUAIAN MODUL AJAR GEOMETRI FASE D PADA KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
Anjelia, B., Umami, R., Octavury, Y., Hidayat, S., Saputri, W., & Sidik, B. R. (2024). Analisis Persepsi Guru dalam Kajian Perbandingan Efisiensi terkait RPP pada Kurikulum 13 dan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 8(2), 246-260. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.2.246-260
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Arta, G. Y. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3925
Ceda, K. A., & Purnomo, H. (2024). Kesulitan Guru dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran (Modul Ajar) Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 40-51. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.2555
Christofel, D., Kaunang, D., & Manurung, O. (2022). Profil Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP N 2 Eris dalam Penyelesaian Masalah Geometri ditinjau dari Kecerdasan Matematika. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(2), 144-152. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.1226
Efendi, M., Zulhimmah, Nurhayani, & Harahap, H. A. (2024). Penerapan Asesmen Formatif dan Sumatif dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Swasta Darul Hadits Huta Baringin. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(2), 64-72. https://doi.org/10.61292/cognoscere.169
Gumanti, Roza, Y., & Murni, A. (2024). Pengembangan Modul Ajar dengan Menggunakan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 542-551. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3001
Herawati, S., Faizah, N., Gustina, G., Maimori, R., Ramli, S., & Akbar, M. R. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Modul Ajar (Analisis Didaktis terhadap Model Pembelajaran di MTsN 6 Tanah Datar). at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 179–192. https://doi.org/10.31958/atjpi.v5i2.13674
Kemendikbud. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi 2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://bbgpsumut.kemdikbud.go.id/2024/07/25/panduan-pembelajaran-danasesmen/
Kosu, M. B. P., Bhoke, W., Bela, M. E., & Wewe, M. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2127-2139. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2437
Mandalika, W. P. F., Priyanti, B. A., Puspitasari, L. M., Purwani, M. A., Sundari, N. D., & Susanti, M. M. I. (2024). Analisis Rancangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas I Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 12(1), 69-79. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13547
Maulidina, A. (2024). Solusi Peningkatan Kualitas Implementasi HOTS Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.62426/jpk.v6i2.147
Nengsih, D., Febrina, W., Maifalinda, M., Junaidi, J., Darmansyah, D., & Demina, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 8(1), 150-158. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v8i1.1738
Piaget, J. (1954). The Construction of Reality in the Child. Basic Books.
Putra, A., & Syarifuddin, H. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327
Rahmawati, R. D., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Optimalisasi Peran Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1498-1509. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3331
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukirman, D., & Jumhana, N. (2006). Perencanaan Pembelajaran. UPI Press.
Wati, A. S., Kudadiri, V. O., & Devianty, R. (2023). Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Negeri 27 Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 276–285. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1257