ANALISIS KELENGKAPAN DAN KESESUAIAN MODUL AJAR GEOMETRI FASE D PADA KURIKULUM MERDEKA

Petrus Fendiyanto


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7631

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelengkapan dan kesesuaian modul ajar geometri pada fase D di SMPN 21 Samarinda dalam implementasi Kurikulum Merdeka, dengan merujuk pada Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) edisi revisi 2024 serta platform Merdeka Mengajar. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis dokumen. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelengkapan modul ajar di SMPN 21 Samarinda mencapai 82,38%, sementara tingkat kesesuaiannya sebesar 76,91%. Sebagian besar komponen telah memenuhi kriteria kelengkapan dan kesesuaian. Namun, terdapat beberapa komponen yang masih kurang lengkap, seperti sarana dan prasarana, asesmen, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), glosarium, serta pengayaan dan remedial. Selain itu, terdapat beberapa ketidaksesuaian pada indikator, seperti kelengkapan lampiran, tahapan pembelajaran, dan asesmen yang belum sepenuhnya sejalan dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menekankan perlunya perbaikan pada komponen-komponen tersebut untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran geometri di kelas VIII SMPN 21 Samarinda.

Keywords


Geometri; Kelengkapan; Kesesuaian; Kurikulum Merdeka; Modul Ajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.

Anjelia, B., Umami, R., Octavury, Y., Hidayat, S., Saputri, W., & Sidik, B. R. (2024). Analisis Persepsi Guru dalam Kajian Perbandingan Efisiensi terkait RPP pada Kurikulum 13 dan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 8(2), 246-260. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.2.246-260

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Arta, G. Y. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3925

Ceda, K. A., & Purnomo, H. (2024). Kesulitan Guru dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran (Modul Ajar) Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 40-51. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.2555

Christofel, D., Kaunang, D., & Manurung, O. (2022). Profil Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP N 2 Eris dalam Penyelesaian Masalah Geometri ditinjau dari Kecerdasan Matematika. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(2), 144-152. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.1226

Efendi, M., Zulhimmah, Nurhayani, & Harahap, H. A. (2024). Penerapan Asesmen Formatif dan Sumatif dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Swasta Darul Hadits Huta Baringin. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(2), 64-72. https://doi.org/10.61292/cognoscere.169

Gumanti, Roza, Y., & Murni, A. (2024). Pengembangan Modul Ajar dengan Menggunakan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 542-551. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3001

Herawati, S., Faizah, N., Gustina, G., Maimori, R., Ramli, S., & Akbar, M. R. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Modul Ajar (Analisis Didaktis terhadap Model Pembelajaran di MTsN 6 Tanah Datar). at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 179–192. https://doi.org/10.31958/atjpi.v5i2.13674

Kemendikbud. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi 2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://bbgpsumut.kemdikbud.go.id/2024/07/25/panduan-pembelajaran-danasesmen/

Kosu, M. B. P., Bhoke, W., Bela, M. E., & Wewe, M. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2127-2139. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2437

Mandalika, W. P. F., Priyanti, B. A., Puspitasari, L. M., Purwani, M. A., Sundari, N. D., & Susanti, M. M. I. (2024). Analisis Rancangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas I Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 12(1), 69-79. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13547

Maulidina, A. (2024). Solusi Peningkatan Kualitas Implementasi HOTS Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.62426/jpk.v6i2.147

Nengsih, D., Febrina, W., Maifalinda, M., Junaidi, J., Darmansyah, D., & Demina, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 8(1), 150-158. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v8i1.1738

Piaget, J. (1954). The Construction of Reality in the Child. Basic Books.

Putra, A., & Syarifuddin, H. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327

Rahmawati, R. D., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Optimalisasi Peran Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1498-1509. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3331

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukirman, D., & Jumhana, N. (2006). Perencanaan Pembelajaran. UPI Press.

Wati, A. S., Kudadiri, V. O., & Devianty, R. (2023). Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Negeri 27 Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 276–285. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1257