EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERBANTUAN E-LKPD

Azimatul Mubarrok
St. Budi Waluya
Nuriana Rachmani Dewi


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7624

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penerapan model Problem-Based Learning (PBL) yang berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dan dibantu dengan E-LKPD dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Penelitian ini melibatkan dua kelas XI di SMAN 1 Gebog, yaitu kelas XI-F 8 sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL berbasis CTL berbantuan E-LKPD, dan kelas XI-F 9 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis CTL berbantuan E-LKPD efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya semua hipotesis yang diajukan, yang mencakup pencapaian ketuntasan belajar, perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan. Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan kontekstual yang didukung oleh media digital dapat meningkatkan pembelajaran yang aktif dan bermakna, sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka dan kompetensi abad 21.

Keywords


CTL; efektivitas; E-LKPD; Berpikir Kritis Matematis; PBL

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Apertha, F. K. P., Yusup, M., & Zulkardi. (2018). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.

Ester, K., Sakka, irdha S., Mamonto, F., Mangolo, A. E. M., Bawole, R., & Mamonto, S. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Gmim II Sarongsong. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 967–973.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), 107–114. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114

Lioba, T., Yuniasih, N., & Ika Rahayu Nita, C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang. Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, 5(1), 307–313.

Marlina, M. (2022). Pengembangan LKPD Online Berbantuan Live Worksheet pada Materi Permutasi Kombinasi. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 247–258. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3636

Mutiara, F., Kesumawati, N., & Marhamah. (2023). PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA MTs KELAS VII. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 100–107. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9084

Nisa, F., & Faradiba, S. S. (2023). Profil Literasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Level Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1003–1019. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2211

Nufus, H., Herizal, H., & Sahputri, L. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 7(1), 12–19. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1943

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092

Rahayu, B. N. A., Dewi, N. R., & Adhi, N. (2022). Kajian Teori: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantu TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5.

Rosjanuardi, R., & Juandi, D. (2023). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA; SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17933

Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129

Sriyanti, A., Saputri, A., & Rahman, U. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2319–2331. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.2973

Suryadi, A. (2020). Pengembangan Kurikulum Jilid 1. CV Jejak.

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853