EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERBANTUAN E-LKPD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Apertha, F. K. P., Yusup, M., & Zulkardi. (2018). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.
Ester, K., Sakka, irdha S., Mamonto, F., Mangolo, A. E. M., Bawole, R., & Mamonto, S. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Gmim II Sarongsong. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 967–973.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), 107–114. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114
Lioba, T., Yuniasih, N., & Ika Rahayu Nita, C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang. Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, 5(1), 307–313.
Marlina, M. (2022). Pengembangan LKPD Online Berbantuan Live Worksheet pada Materi Permutasi Kombinasi. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 247–258. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3636
Mutiara, F., Kesumawati, N., & Marhamah. (2023). PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA MTs KELAS VII. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 100–107. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9084
Nisa, F., & Faradiba, S. S. (2023). Profil Literasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Level Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1003–1019. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2211
Nufus, H., Herizal, H., & Sahputri, L. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 7(1), 12–19. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1943
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092
Rahayu, B. N. A., Dewi, N. R., & Adhi, N. (2022). Kajian Teori: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantu TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5.
Rosjanuardi, R., & Juandi, D. (2023). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA; SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17933
Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129
Sriyanti, A., Saputri, A., & Rahman, U. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2319–2331. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.2973
Suryadi, A. (2020). Pengembangan Kurikulum Jilid 1. CV Jejak.
Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853